SMPN 2 Pagedangan Siap Menjadi Sekolah Adiwiyata



SMPN 2 Pagedangan Siap Menjadi Sekolah Adiwiyata

KAB TANGERANG, Bantenlink.com — SMP Negeri 2 Pagedangan, Kabupaten Tangerang mempersiapkan diri untuk verfikasi lebih lanjut Sekolah Adiwiyata. Kegiatan tersebut dipanitiai Wakasek H Haris Furqon SAg MM dan PKS Sarpras Sri Rahayu SPd.

Kepala SMPN 2 Pagedangan Yeyen SPd MM diwakili Humas Drs Heru Joko Pitoyo, mengatakan sekolah tersebut sudah mulai dikunjungi tim Asesor Sekolah Adiwiyata pada 6 November 2019 dan akan dilanjutkan pada tahap berikutnya.

Menurut Heru, usai dikunjungi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kab Tangerang, tahap kini pihak panitia
Sekolah Adiwiyata SMPN 2 Pagedangan akan melanjutkan pelaporkan semua dokumen yang berkaitan dengan lingkungan hidup, dan kinipun sedang menunggu kunjungan dinas berikutnya.

“Ya, dalam hal ini ada sebanyak 4 dokumen yang kami siapkan, yaitu 2 dokumen kurikulum berbasis lingkungan hidup dan 2 dokumen yang berkaitan dengan kondisi fisik sekolah,” terang Wakepsek tersebut.

Heru menjelaskan lebih lanjut, terkait dokumen kurikulum, yang disampaikan kepada anak yaitu materi-materi pembelajaran berbasis lingkungan hidup. Hal ini terdiri dari 10 indikator.

“Begitu juga dengam kondisi fisik sekolah, dinilai juga dengan 10 indikator, diantaranya apakah tersedia ruang terbuka, serta taman sejauh mana kerjasama dengan masyarakat,” imbuhnya.

Lanjut Heru lagi, terkait sekolah berbasis lingkungan hidup sebenarnya sudah lama diterapkan di sekolahnya, namun baru sekarang ditunjuk untuk menjadi Sekolah Adiwiyata.

Contoh SMPN 2 Pagedangan telah lama peduli terhadap lingkungan hidup seperti perilaku pembiasaan yang disampaikan para guru agar para peserta didik melakukan kebersihan pada lingkungan sekolah dan tersedia pohon penghijauan dengan taman yang asri.

“Jadi, terkait lingkungan hidup selain ada di kurikulum juga telah nampak di sekolah kami. Kami berharap, dengan kondisi ini juga akan bisa lebih baik lagi, menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional,” harapnya.

EDY TANJUNG

Leave a Reply