Gugus Sub Rayon 02 SMK Kab Tangerang Gelar Maulid di SMK Miftahul Khaer



Gugus Sub Rayon 02 SMK Kab Tangerang Gelar Maulid di SMK Miftahul Khaer

TANGERANG, Bantenlink.com — Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 7 H yang diselenggarakan Sub Rayon 02 SMK Kab Tangerang diwarnai dengan Marhaban-an, Dzikir dan Shalawat Bersama serta Tabligh Akbar yang menghadirkan Al Habib Jafar bin Alwi Assegaf dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfizul Qur’an beralamat di Warung Peteu, Garut. Kegiatan bertema “Tantangan Penerapan Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah SAW di Era Milinial” juga ditandai dengan pemberian hadiah berupa trofi dan penghargaan bagi pemenang lomba Festival Marawis, Tilawah dan pembuatan logo untuk kegiatan selanjutnya.

Peringatan Maulid Nabi yang digelar bersama sebanyak 28 SMK dari Kecamatan Curug, Panongan dan Cikupa tersebut dilaksanakan di Ponpes Miftahul Khaer (MK) milik KH Hafis Gunawan SPd yang beralamat di Kampung Babakan, Kelurahan Sukabakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang dengan acara yang berlangsung meriah dari pagi hingga tengah malam hari pada Sabtu 16 November 2019.

Pimpinan Ponpes MK, KH Hafis Gunawan SPd dalam kata sambutannya mengatakan, dirinya cukup berbangga atas terselenggaranya kerja sama antar sekolah menengah atas itu. Menurut dia, suksesnya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menampilkan Festival Marawis dan Tilawah dan pembuatan logo yang kemudian diisi dengan Marhaban-an, Dzikir, Shalawat dan Dia Bersama yang diakhiri Tabligh Akbar, juga tak lain atas berkat kerja keras seluruh Panitia Pelaksana dibawah pimpinan H Manan bekerja sama dengan para Kepala SMK dan para dewan guru.

“Saya ucapkan rasa sangat bersyukur ke hadirat Allah SWT karena kita dari seluruh SMK dapat berkumpul di peringatan kelahiran Nabi yang mulia ini. Kreativitas para siswa SMK saya lihat sangat hebat, terlebih dalam pembacaan ayat suci Alquran dilakukan oleh pemenang lomba. Selain itu, alhamdulillah kita juga bisa duduk bersama dengan habib, kiai dan guru yang insyaallah kita akan bisa bertemu kembali, yakni di hari akhir nanti. Semoga kita semua dapat berkumpul bersama di surga-nya Allah, amin ya rabbal alamin,” papar KH Hafis Gunawan.

Disebutkannya, acara Sub Rayon 02 SMK Kabupaten Tangerang baru pertama kali diadakan. Namun meskipun acara seperti ini baru pertama dilaksanakan, namun hasilnya sangat luar biasa. Dirinya menghaturkan terima kasih kepada semua yang terlibat di dalam acara, karena atas kehebatan semualah kegiatan besar ini dapat berjalan lancar.

“Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik dalam menyelenggarakan acara seperti ini lagi,” tambahnya.

Gugus Sub Rayon 02 SMK Kab Tangerang Gelar Maulid di SMK Miftahul Khaer

Sementara itu, Al Habib Jafar bin Alwi Assegaf pada acara yang dihadiri sekitar 1300 hadirin santri dan siswa tersebut, mengisi tausiyah dengan memberikan tema beradab kepada guru. Saat kesempatan dilangsungkan marhaban-an bersama tampak begitu khusuk yang menggambarkan penyambutan kehadiran nabi.

“Jadilah beradab dalan bermajlis karena dalam duduk itu harus menjaga adab karena di hati kita Rasulullah dan mungkin diilihat malaikat. Hargai ulama ketika berada di majlis ilmu, jaga adab kepada ulama dengan mengikutinya sebagai pembawa acara. Jaga adab seperti yang diajarkan,” pesan Al Habib Ja’far bin Alwi Assegaf.

Lebih lanjut tausiahnya, jagalah adab bermajlis karena Rasulullah ada hati. Dengan adanya Rasulullah dalam hati dalam fikiran dimana pun berada mendapatkan tempat yang istimewa karena bersama malaikat.

“Maka ketika Rasulullah ada di hati akan kita mati pun kita didampingi melafazkan talqin lailahaillallah,” ungkapnya.

Susunan acara peringatan Maulid Nabi ini secara rinci diisi pembacaan ayat suci Alquran oleh Rizal siswa kelas 12 SMK Al Hikmah, laporan sambutan Sub Rayon 02, sambutan Kadis Pendidikan, sambutan Bupati, dan pengumuman sayembara logo kagiatan. Pada bagian lainnya juga dilakukan shalawatan, istighfar dan doa bersama.

Di kegiatan peringatan Nabi Junjungan umat Islam tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan tari saman dan marawis yang diantaranya djtampilkan oleh siswi SMK MK, SMK Darussalam, SMKN 1 dan SMK Al Hikmah.

Pada acara berlangsung hingga tengah malam itu juga ditampilkan seni kasidah dan musik hadroh Ponpes MK yang dimainkan dengan apik mengiringi lantunan qasidah dan shalawatan.

EDY

Gugus Sub Rayon 02 SMK Kab Tangerang Gelar Maulid di SMK Miftahul Khaer

Leave a Reply