SD Negeri Pagedangan 1 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

H SAFRUDDIN

TANGERANG, BL Senin (11/1) – Sebanyak 455 siswa muslim dan 21 guru di SD (Sekolah Dasar) Negeri Pagedangan 1, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (9/1), mengadakan peringatan Maulid (kelahiran) Nabi Muhammad SAW tahun 1437 Hijriah.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah dengan suasana penuh kesederhanan. Tampak pula orang tua murid yang mengantar siswa kelas 1 dan 2 turut ‘lesehan’ di lantai mengikuti peringatan. Semua hadirin pun terlihat khusuk mengikuti acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) itu dari awal hingga akhir di bawah sinar mentari pagi.

dai cilik

Dalam kesempatan itu Drs H Safruddin selaku Kepala Sekolah SD Negeri Pagedangan 1 menyampaikan ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW bertema tentang Three in One Sisi Islami. Ketiganya, yakni Keimanan (Tauhid), Syariah (Fiqh) dan Akhlaq (Budi Pekerti). Hal ini berkaitan dengan Habluminallah dan Habluminannash (dalam hubungan pada Allah SWT dan sesama manusia).



siswa1

Diterangkan sarjana teologi senior itu, sisi Tauhid, Fiqh dan Akhlaq seorang muslim bukan hanya untuk sesama muslim, tapi harus juga bermanfaat bagi non muslim dan makhluk lain. Karenanya, Safruddin menghimbau agar umat Islam menjadi orang yang bertaqwa, yaitu teguh terhadap keyakinan, sesuai keimanan, syariah dan budi pekerti tersebut.

Pada kesempatan itu salah seorang dai cilik turut menyampaikan tausiah tentang Maulid yaitu kisah tentang kelahiran Nabi Muhammad. Ajaran yang dibawanya merubah zaman jahilliah (kegelapan) ke arah yang terang.

Selain itu, acara dimeriahkan hiburan marawis oleh para siswa.
Kegiatan rutin setiap tahun itu sukses terlaksana atas kerjasama semua guru. Dikomandoi Ketua PHBI Komaria A Ma, Sekretaris Komariah SH, Bendahara Hayati Nupus S Pd.

siswa2

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply