Janji Rispanel PKS di Reses: Realisasi APBD Perubahan 2019 Tinggal Sisa, Aspirasi Lainnya akan Dimasukkan Bersama APBD 2020



Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel memberikan pemaparan pada dirinya saat Reses Kesatu yang berlangsung di kediamannya di Perumahan Binong Permai yang dihadiri para tokoh masyarakat, Minggu (6/10/2019)

TANGERANG, Bantenlink.com – Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Rispanel Arya, Minggu 26 Oktober 2019 menggelar Reses Ke Satu pada periode kedua dirinya. Dalam kesempatan tersebut terungkap kehadirannya di DPRD Kabupaten Tangerang menjadi kebanggan sekaligus membuat kemajuan di Kelurahan Binong.

Dalam paparannya Rispanel Arya menyebutkan RW 08 infrastruktur jalannya sudah baik, namun ada yang belum seluruhnya mendapatkan perbaikan, diantaranya di RW 13 dan RW 16. Namun dirinya bersyukur, baru satu minggu bertugas untuk periode 2019-2024, langsung reses pertama.

“Namun hasil reses baru akan bisa dimasukkan menjadi APBD di tahun 2020. Sama halnya dengan Musrenbang yang sudah lebih dulu selesai bulan Maret. Ketika sudah selesai Juni tidak ada usulan baru. Sekarang di DPRD sedang membahas persiapan APBD 2020,” ungkap Ketua Fraksi PKS itu.

Ditambahkannya, untuk Musrenbang berikutnya baru akan diadakan pada awal tahun 2020 untuk APBD 2021. Namun melalui reses kami dapat menampung aspirasi untuk direalisasikan 2020. APBD Perubahan-nya tinggal sisa-sisa, tapi akan dimasukkan di APBD 2020. Oleh karena itu, dari 50 judul silahkan prioritaskan mana yang akan lebih didulukan, sedangkan sisa yang lainnya dari 50 judul digabung di APBD 2020.

“Jadi, untuk pembangunan di kelurahan Binong, tidak usah khawatir, karena masih akan diprioritaskan di Binong, yang bisa misalnya untuk pembangunan Posyandu, taman PKK dan lainnya, termasuk perapihan kali Sabi. Karena dari 9000 suara yang dipercayakan kepada saya di Dapil sebanyak 7000 berasal dari Binong,” imbuh politisi PKS itu.

Tokoh masyarakat Binong yang hadir di Reses Kesatu Ripanel Arya

Berbagi dengan Pagu Kelurahan

Lebih jauh dikatakan Rispanel, dengan bertambahnya APBD yang naik pagunya sebanyak Rp 2,7 triliun diusulkan berbagi dengan pagu kelurahan untuk APBD 2020 yang mulai jatuh pada bulan April.

“Usulan berikutnya tentunya tidak lagi terfokus pada perbaikan jalan, kecuali yang sangat diperioritaskan, tapi kearah normalisasi jalan air dan pembuatan turap terkait mengatasi banjir Binong.

Pada bagian lain disebutnya, hal lainnya yang bisa diusulan seperti pengajuan pengadaan tenda, perbaikan kantor, alat peraga Posyandu dan lain sebagainya. Yang penting untuk masyarakat.

“Tapi untuk pembuatan lapangan jangan menjadi tempat jemuran, ya, karena saya tidak bisa jawab kalau ditanyakan media untuk apa dibuat.Juga untuk KPM (Kube) berjumlah 6 orang (steam) bioflok dan peternakan ayam. Kalau hasilnya ada, bisa ditambah bantuannya,” pesan Rispanel.

Disampaikannya lagi, terkait judul dibagi yang mengerjakannya. Misalnya pengurus PKS dialokasikan satu atau dua kegiatan dari 50 judul, sebanyak 16 judul diberikan untuk luar Kelurahan Binong. Juga ada untuk Dewan PKS yang tidak jadi. PKS sendiri mendapatkan sebanyak 30 ribu suara, juga membiasakan memberikan judul untuk dewan yang tidak jadi di luar partai.

Reses Dihadiri Tokoh Masyarakat

Kegiatan Reses yang dilaksanakannyadi kediamannya di Perumahan Binong untuk menggali aspirasi dari Dapil 6, Kecamatan Curug, Panongan dan Cikupa, khususnya tokoh masyarakat RW 1- RW 22, yang terdiri dari para Ketua RW, Ketua RT, TP PKK, Posyandu, Majlis Taklim dan Karang Taruna Hadir dalam kesempatan itu H Memet yang merupakan tokoh dan mantan Ketua MUI Kadu, Ketua Forum RW 09 Hamid SH, Staf Kelurahan Binong Maman, Ketua LPM Binong Dedi.

Di kesempatan yang diawali dengan lantunan ayat suci Alquran oleh H Memet dengan diwarnau suguhan hidangan santap malam dengan Kambing Guling Marokko, Nasi Kebuli, Baso Malang dan aneka snack.

Ketua Forum RW Binong Hamid SH yang baru saja menggantikan kepemimpinan Usup Supriyatna, mengucapkan selamat kepada Rispanel Arya yang kini menjabat sebagai Anggota Dewan.

“Kami berharap, di periode kedua, pak Rispanel Arya dapat terus membawa amanah atau masyarakat baik yang disampaikan melalui Reses maupun lewat Musrenbang. Masyarakat dari berbagai RW, termasuk RW 09 sudah banyak merasakan pembangunan yang dikawal pak Dewan,” kata Hamid mengakui.

Hal yang sama disampaikan Maman selaku mewakili Pemerintah Kelurahan Binong. Dengan terpilihnya kembali Bapak Rispanel Arya di Periode kedua, kita bersyukur malam ini Dewan dan masyarakat Binong bisa bersilaturahmi, bermuajahah kembali dalam Reses.

“Mewakili Bapak Lurah Binong Bapak Rizky yang tidak bisa hadir, beliau memohon maaf atas ketidakhadirannya. Dalam reses ini kita semua merasa bersyukur bapak Rispanel kembali terpilih. Di periode pertama saja sudah banyak aspirasi beliau dalam pembangunan yang sudah terlaksana, tentunya pada periode berikutnyayang belum terealisasi bisa terealisasi pada periode kedua ini,” papar Maman.

Kesempatan kedua kali ini, sambungnya, semoga kita mendapatkan apa yang kita aspirasikan, ada Musrenbang kemudian ada pagu dewan juga. Jadi, pembangunan fisik maupun non fisik insyaallah dilancarkan. Dikabulkan apa yang kita ingin dikabulkan.

EDY TANJUNG

Leave a Reply