Melancong ke Kelapadua, Jangan Lupa Syrup Rosella

DSCN9131

Tangerang, BantenLink, Sabtu (09/01/2016)-Kecamatan Kelapadua merupakan daerah wisata perkotaan yang berada di selatan Kabupaten Tangerang, Banten. Tapi meskipun disebut modern tak serta-merta mau meninggalkan produk tradisional unggulan masyarakatnya.

Camat Kelapadua, Yayat Rohiman, mengatakan Kabupaten Tangerang daerah strategis dalam pariwisata. Banyak pelancong lokal dan mancanegara datang berlibur ke daerah dekat DKI Jakarta ini, karena Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ada di sini.

“Kalau berkunjung ke Kecamatan Kelapadua, menginapnya di hotel berbintang seperti Fame, Lemo, Imperial, Atria dan Aston. Berbelanja dan makan-makan di pusat perbelanjaan modern Supermall Karawaci, Summarecon Mall dan Serpong Design Centre. Soal oleh-oleh, ada yang “sesuatu’ yang nanti dibawa pulang, seperti Syrop Rosella dan kain batik buatan Khas Kelapadua,” ucap Yayat.

Lebih jauh diungkapkannya, promosi ini terkait Bupati Tangerang A Zaki Iskandar menyadari betul potensi wisata daerah yang dipimpinnya. Kabupaten Tangerang elama ini memang sebagai sentral pariwisata, diharapkan para wisatawan bisa semakin banya dan enjoy berjalan-jalan di kota berjulukan seribu industri ini.

Kalau di wilayah utara Kota Tigaraksa, ungkapnya, ada destinasi wisata pantai, di baratnya punya wisata religi dan monyet Solear. Sedang di timur, ada mesjid pintu seribu, dan di selatan Kabupaten Tangerang terkenal wisata belanja. Karenanya, perlu ada produk unggulan masing-masing wilayah yang siap dibawa pewisata sebagai buah tangan.



“Khususnya bagi para pelancong yang ‘cuci mata’ di Kecamatan Kelapadua, saat ini kami menyiapkan oleh-oleh khas dan bermanfaat. Syrup Bunga Rosella buatan Kelurahan Bojongnangka serta Jus Kacang Hijau, Merah dan Kedele Kelurahan Kelapadua yang berfaedah untuk kesehatan, selain adanya adanya Batik dan Handycraft khas Kelapadua,” paparnya.

DSCN8953

Syrup Bunga Rosella, terang Yayat, sudah sering terlihat di tempat umum, seperti pada pameran Produk Usaha Kecil dan Menegah (UKM) pada pameran Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang ke-72 di International Convention and Exchibition (ICE) BSD City. Untuk mendapatkannya, tambahnya, segera hadir di pusat- pusat perbelanjaan seperti Farmer. Minuman ini juga dipajang di lobby hotel Lemo dan menjadi minuman pembuka atau selamat datang para tamu.

Disebutkannya, lintas instansi seperti Dinas Koperasi, Dinas Kesehatan dan Dinas Industri, saat ini sedang mengurus legalitas produk UKM itu. Sedang dijajaki pula kerjasama pihak-pihak lainnya agar produk unggulan rumahan ini bisa lebih terkenal. Setelah lengkap perijinannya, minuman kesehatan itu nantinya dipastikan lebih mudah ditemukan di pasaran.

“Kami juga sedang menginventaris produk unggulan Kecamatan Kelapadua lainnya. Adanya cendramata produk kerajinan tangan warga semacam kerajinan anyaman dari Kampung Bambu Kelurahan Bojongnangka, hiasan kain perca dan planel produksi Kelurahan Kelapadua, dan batik khas Kelapadua dari Kelurahan Bencongan yang bisa dibawa pulang para wisatawan,tentunya merupakan suatu kebanggaan Kecamatan Kelapadua,” pungkas Yayat. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply