Mundur Saja Jika RT/RW Tak Kerja!

DSCN9128

Tangerang | BantenLink, Rabu (06/01/2016) – Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) mempunyai tugas membantu pemerintah desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Karena itu, para RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) harus membantu benar-benar bertanggung jawab pada kepala desa.

Demikian Camat Kelapadua, Kabupaten Tangerang Banten, Yayat Rohiman pada pembinaan Tertib Administrasi di desa Curug Sangereng tadi siang. Dalam kegiatan dihadiri Sekretaris Camat Abdullah, Kades Curugsangereng Sukron, Sekretaris Desa Aryani, Ketua BPD, LPM, Binamas, Babinsa,tokoh masyarakat dan seluruh RT/RW, dimintanya agar sungguh-sungguh dalam menjalankan tugas.

DSCN9125



“Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Desa, saya minta, RT/RW menjalankan tugas pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Meskipun bergaji atau honor kecil, harus dapat memelihara kerukunan warga, menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan yang mengembangkan aspirasi masyarakat. Juga, dapat mengkordinir warga dalam menangani masalah-masalah kemasyarakatan, serta bisa menjadi jembatan masyarakat dengan pemerintah daerah,” papar Yayat Rohiman.

Lebih jauh dihimbaunya pada 53 Ketua RT dan 10 ketua RW se- Desa Curugsangereng, agar para RT/RW melakukan pengadministrasian atau pencatatan dengan baik dan benar. Ditegaskannya, meskipun mendapat honor yang tidak setimpal terkait adanya alokasi dari dana desa, tapi harus bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Kelapadua, Abdullah, menjelaskan, dalam hal tugas RT/RW melakukan pendataan kependudukan dan pelayanan admistrasi lainnya, memelihara keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga, menggagas pelaksanaan pembangunan, mengembangkan aspirasi, swadaya, serta menjadi penggerak partisipasi masyarakat.

“Kedudukan RT/ RW termasuk perangkat pemerintahan desa. Namun Kades tak bisa bekerja sendiri. Untuk itu harus memiliki wakil ketua, sekretaris, bendahara dan kasi-kasi (bidang) seperti pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan. Tiga bulan kedepan kami akan mengecek progres pelaksanaan sistem pelayananan administrasinya. Kalau tak bisa bekerja lebih baik mundur sajalah,” tutur Abdullah.

Senada dengan Sekcam Abdullah, Sukron selaku Kades Curugsangereng didampingi Sekdes Aryani saat diminta wawancara usai pembinaan mengatakan, seseorang yang menjadi Ketua RT/RW harus berjiwa sosial dan ikhlas. “Kemudian harus memiliki pengetahuan profil wilayahnya, misalnya tentang penduduk, sarana prasarana dan potensi yang ada,” ungkapnya. (edy)

Rate this article!
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply