Sabilul Alif: Semangat Taptu Harus Dihidupkan Lagi di Masyarakat



Kombes Pol Sabilul Alif

Tangerang, Bantenlink.com — Semangat Taptu yakni yakni tradisi pawai obor diiringi menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan tetabuhan yang digelar pada malam sehari sebelum peringatan hari kemerdekaan harus dihidupkan kembali. Pasalnya, selain bernuansa patriotisme yang dapat membangkitkan semangat perjuangan masyarakat, juga untuk mengenang patriotisme pahlawan-pahlawan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif, yang menjadi inspektur upacara Taptu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, dilaksanakan di Jalan Baru, Pemda Kabupaten Tangerang, Jumat (16/8/2019).

Taptu tersebut diawali prosesi upacara dengan penyalaan obor dari masing-masing kontingen oleh Sabilul. Kemudian dilanjutkan pawai obor dari ratusan peserta upacara yang berasal dari institusi Polri, TNI, organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tangerang, Pramuka, dan elemen masyarakat lainnya.

“Taptu merupakan rangkaian tradisi kegiatan nasional yang dilaksanakan sehari sebelum hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Sabilul.

Disebutnya, tidak banyak masyarakat yang mengenal taptu dan sejarah terselenggaranya tradisi yang bernuansa patriotisme itu. Oleh karena itu, dirinya mendorong agar kegiatan taptu ke depan baiknya diselenggarakan di tempat yang dekat dengan masyarakat.

“Taptu dilaksanakan untuk membangkitkan semangat perjuangan masyarakat dan mengenang serta menghormati pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang. Untuk itulah, kata dia, semangat taptu itu harus dihadirkan di tengah-tengah masyarakat,” lanjutnya.

Sabilul menghimbau, agar masyarakat kian mencintai tanah air dan tak melupakan sejarah perjuangan bangsa.

Terkait rute pawai obor yang diiringi lantunan lagu perjuangan lewat tabuhan genderang dari marching band itu, dimulai dari jalan baru Desa Bugel, Kecamatan Tigaraksa hingga kawasan Perumahan Sudirman Indah Tigaraksa.

Tampak hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, Sekda Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, serta peserta dari unsur masyarakat lainnya.

(Mad Sutisna)

Leave a Reply