Teladani Nabi Siswa SDN Medang Belajar Berkurban, Dibagikan untuk Anak Yatim dan Tak Mampu



Teladani Nabi Siswa SDN Medang Belajar Berkurban, Dibagikan untuk Anak Yatim dan Tak Mampu

KAB TANGERANG, Bantenlink.com — Dalam memberikan pengetahuan tentang ibadah kurban yang dilaksanakan umat Islam pada Hari Raya Idul Adha yang dikenal dengan Hari Raya Haji, Komite SDN Medang melaksanakan penyembelihan kurban pada Senin, 12 Agustus 2019.

Menurut salah seorang guru, Warsana S.Pd., kegiatan tersebut murni dilaksanakan Komite Sekolah bekerja sama dengan para orang tua para siswa, tanpa melibatkan guru kecuali memfasiltasi tempatnya di sekolah.

“Para siswa perlu diajarkan bagaimana cara berkurban sejak dini, untuk meneladani nabi Ibrahim. Selain itu dengan mempraktekkan cara-cara berkurban, dengan memberikan hewan kurban, dapat menumbuhkan jiwa sosial berbagi kepada warga teman-temannya sesama peserta didik yang kurang beruntung,” katanya.

Warsana menambahkan pembelajaran berkurban bukan atas inisiatif guru, tapi merupakan usulan orang tua. Dalam pelaksanaannya, Komite Sekolah pun tidak melibatkan sekolah untuk menghindari dugaan melakukan penerimaan uang.

“Jadi soal mau gimana-gimana pelaksaannya, itu terserah mereka yaitu pengurus komite sekolah atau orang tua murid. Pihak sekolah hanya berpikiran, sepanjang bermaksud untuk untuk kebaikan, apa salah pembelajaran cara berkurban dilaksanakan,” beber guru senior di SDN Medang ini.

Warsana menyebutkan ada sebanyak 400-an siswa-siswa di sekolah yang dipimpin H Nabhani tersebut. Sekitar 10 persen dari jumlah siswa dikategorikan sebagai siswa yang kurang mampu dan akan mendapatkan pembagian hewan kurban.

Hal senada disampaikan Komite Sekolah, Maijun, S.Pd. Disebutkannya, ada sebanyak empat ekor kambing yang disembelih sebagai kurban. Namun karena berukuran kecil-kecil keempat kambing hanya bisa dibagi untuk 40-50 bagian.

“Daging hewan kurban akan dibagikan kepada sekitar 40 anak yatim dan kurang mampu yang ada di SDN Medang,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Leave a Reply