Sekolah Gratis YMDAI Kab Tangerang untuk Warga Miskin dan Yatim-Piatu



TK -TPQ YMDAI Kab Tangerang


TANGERANG, BantenLink.Com — Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al Ikhlas dengan Kepsek Ustadzah Endriyana, merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Majlis Dzikir Al ikhlas (YMDAI), didirikan untuk melayani pendidikan masyarakat miskin dan anak yatim-piatu.

Pendiri YMDAI, Kiai Endang Haryana Tajuddin Syarif, mengatakan lembaga yang dipimpinnya bertekad untuk dapat terus menyelenggarakan pendidikan secara gratis bagi warga masyarakat yang kurang beruntung, namun tetap mengedepankan pendidikan berkualitas yang disertai penanaman nilai-nilai islami yang berdasarkan fundanental ahlakul karimah.

“Pelayanan pendidikan secara gratis disini, seperti tanpa adanya uang pendaftaran maupun uang pembangunan. Kami menyediakan perlengkapan sekolah hingga pakaian seragam sekolah tanpa pembayaran biaya apapun. Para orangtua hanya menyiapkan anak-anaknya untuk belajar,” ucap pak kiai yang digelari Ustadz Alfakir Illallah Albantani.

Ditambahkannya, kalaupun ada orang tua yang berkelebihan rezeki dan mau memberikan zakat, infaq dan shadaqah-nya dapat menyalurkannya melalui Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas yang pengelolaan dan manajemen serta dapat dipertanggungjawabkan di dunia maupun secara syariah.

Diceritakannya, pernah ada orang tua siswa yang sepakat mengumpulkan biaya untuk membelikan trening (seragam olahraga), namun ditolaknya dengan santun.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan para orang tua untuk sekolah anak-anaknya. Kami sampaikan, ini program yayasan yang menyediakannya secara gratis,” terang kiai Alfakir Illallah Albantani.

Terkait sumber dana untuk membiayai pendidikan gratis, lanjut Ustadz Endang Haryana, bersumber dari donasi para dermawan, baik secara pribadi, maupun kelembagaan pemerintah dan swasta.

“Dalam menjalankan kegiatan sosial ini yang sangat besar peranannya adalah pengumpulan dana oleh para amilin yang berasal dari kotak amal yang ada di pom-pom bensin dan lingkungan pabrik,” ungkapnya.

Dalam pengabdian kepada masyarakat YMDAI bukan hanya menyelenggarakan pendidikan gratis, tapi di Ponpes yang dibangun di atas lahan seluas 3200 meter persegi itu terus dilengkapi sarana prasarana untuk pelayanan pendidikan dan keagamaan dengan membangun ruang kelas baru, pondok santri dan pendopo dzikir.

EDY TANJUNG

Leave a Reply