Laporan Kinerja SiPendekar Terhambat Aparatur Gaptek & Penyempurnaan Aplikasi



Benny Purnama

KAB TANGERANG, BANTENLINK.COM — Faktor gaptek (gagap teknologi) karena usia tua menjadi salah satu kendala ASN (Aparatur Sipil Negara) menerapkan Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Dedikasi dan Kinerja (SiPendekar) di Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Selain itu, aplikasi laporan kinerja itu pun hingga kini masih harus terus disempunakan. Untuk itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat menggali kendala yang dirasakan para operator Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal tersebut disampaikan Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pembinaan Aparatur dan Evaluasi Kinerja (PAEK) di BKPSDM Kabupaten Tangerang, Benny Purwana, kepada bantenlink.com di sela sosialisasi aplikasi SiPendekar bagi operator dan pengelola kepegawaian sejumlah OPD, yang digelar di Hotel Yasmin Karawaci, Kamis (4/7/2019).

“Kegiatan sosialisasi manajemen kinerja di lingkungan Pemkab Tangerang ini dimaksudkan untuk mengukur kinerja ASN (Aparatur Sipil Negara). Dasarnya, arahan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 46 Tahun 2011 tentang penilaian pegawai dan arahan Bupati Tangerang,” papar Benny Purnama.

Kasubid PAEK BKPSDM Kabupaten Tangerang itu menambahkan, setelah mendapatkan masukan dari operator OPD, aplikasi SiPendekar diharapkan akan lebih sempurna, sehingga akan memudahkan aparatur membuat pelaporan kinerja, sekaligus dapat menghitung kegiatan yang berdampak kepada tambahan pendapatan atau tunjangan kinerja (tukin) para aparatur.

“Untuk itu dalam penyempurnaan aplikasi SiPendekar agar sesuai standar nasional, kami menghadirkan tim IT (Information technology) dari Bandung yang akan menggali permasalahan dan kendala-kendalanya sehingga mendapatkan solusi ketika bermasalah dalam menggunakannya,” ungkapnya.

EDY TANJUNG

Sosialisasi “SiPendekar” yang diikuti sejumlah operator OPD Tangerang Pemkab yang digelar di Hotel Yasmin Karawaci, Jumat siang tadi

Leave a Reply