SMAN 3 Kab Tangerang Gelar Psikotes dan Tes Akademik Siswa Baru, Ini Maksudnya



SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

KAB TANGERANG, BANTENLINK.COM — Setelah dinyatakan lulus PPDB dan melakukan pendaftaran ulang pada 1-2 Juli 2019, siswa baru SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang akan menjalani psikotes dan tes akademik tanggal 3-4 Juli, besok dan lusa. Maksudnya, agar sekolah mengetahui peminatan dan kemampuan siswa baru supaya nantinya tidak salah jurusan.

Rangkaian kegiatan siswa baru yang lulus PPDB di sekolah dibawah pimpinan Dedi Hidayat ini disampaikan Wakepsek SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, Margana, secara ekskusif kepada bantenlink.com saat menyambanginya di ruang kerjanya, Selasa (2/6/2019), siang.

“Hari ini (Selasa Juli 2019), merupakan hari kedua pendaftaran ulang siswa baru, setelah dimulai kemarin, besok dan lusa kami akan mengadakan psikotes dan tes kemampuan untuk siswa baru. Dimaksudkan untuk mengetahui jurusan apa yang cocok dipilih siswa nantinya, apakah ke IPA atau IPS,” ungkap Wakepsek SMAN 3.

Ditambahkannya, dengan adanya dua tes itu, bagi siswa yang ingin memilih salah satu jurusan namun nilainya rendah, dapat belajar lebih giat lagi agar bisa masuk kejurusan yang diingininya sesuai dengan cita-citanya.

“Hari Rabu 3 Juli 2019 besok, siswa yang lulus PPDB akan menjalani psikotes yang diselenggarakan oleh lembaga bergerak psikologi. Sedangkan pada hari Kamis lusa, akan kami gelar lagi tes kemampuan akademik,” jelas Margana.

Dia menambahkan, psikotes untuk karakter dan tes kemampauan akademik bagi para siswa baru yang berisi soal-soal seperti halnya UN SMP, menjadi rumusan agar sekolah kedepannya melahirkan lulusan bermutu. Ini pula yang menjadikan SMAN 3 Kab Tangerang banyak peminatnya.

Ibarat jualan bakso, lanjut Wakepsek Margana, pihaknya memiliki racikan istimewa sehingga favorit di masyarakat.

“SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang kan lulusannya dimana-mana, karena sebelum sistem zonasi dari mana-mana bersekolah di sini. Nah, agar siswa belajar sesuai dengan minat dan kemampuannya, sejak awal kami fasilitasi psikotes dan tes akademik, supaya dari hasilnya lebih giat belajar dan jangan sampai salah jurusan,” tandas Margana.

EDY TANJUNG

Leave a Reply