Di HBH JTR, Kabag Humas: Meski Kejar Tayang Berita Pers Harus Tabayyun



Di HBH JTR, Humas: Meski Kejar Waktu, Jurnalis Harus Tabayyun Sebelum Tayang Berita


TANGERANG — Meski di zaman milenial media dituntut serba cepat dan dikejar waktu untuk menayangkan berita, namun pekerja pers tetap harus tabayyun (konfirmasi) sebelum menayangkan berita. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang saat menghadiri halal bil halal (HBH) yang digelar Jurnalis Tangerang Raya (JTR) , di Hotel Pakons Prima, Kota Tangerang, Sabtu (29/6/2019).

“Meskipun berita harus ditayangkan secepatnya, berita-berita harus dikonfirmasi kebenaran informasinya terlebih dahulu. Jurnalis tak hanya dikejar tenggat tayang, tapi harus menyajikan berita sesuai fakta di lapangan,” papar Kabag Humas Pemkot Tangerang, Felix Mulyawan.

Menurut dia, semua sepakat dalam memberikan dan menerima informasi dilindungi Undang Undang, sehingga ketika wartwan mendapatkan informasi yang tak bisa dilupakan adalah tababayun sebelum mem-publish-nya.

Pada kegiatan yang diikuti ratusan wartawan yang juga dihadiri pengurus PWI serta anggota PWI dan SMSI, Felix menambahkan, sebelum menayangkan berita informasi dan data yang diterima harus dicek ulang dan menayangkannya secara cerdas.

“Jadi, walaupun dikejar waktu itu harus mencari kebenaran berita secara jernih dan itu merupakan seni,” sambungnya.

Pada bagian lain Felix yang menyebutkan, peranan wartawan tak bisa diabaikan, sebagai contoh dirinya yang sejak meniti karir di Pemkot hingga sebagai sebagai Kabag Humas, sudah sangat mengetahui tugas wartawan.

Ia pun mengapresiasi wartawan yang tidak mengenal tanggal merah tapi tanggal hitam semua. Wartawan pun terkadang bejerja selama 24 jam. Namun begitu, dia mengingatkan dalam menjalankan tugas wartawan agar menjaga kesehatan dan jangan sampai melupakan tugas keluarga.

“Tugas wartawan sama dilakukan pekerja Humas yang tidak mengenal waktu. Semua semangat untuk melayani masyarakat. Sekarang tidak bisa semaunya, Pemerintah bahkan tidak bisa jumawa pada sekarang,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Halal bihalal Jurnalis Tangerang Raya, Sabtu (29/6/2019)

Leave a Reply