Tradisi Sawer Uang Murid Juara Khas “Pelepasan” di SDN Babat



Rangkaian kegiatan pelepasan kelulusan dan penaikan kelas di SDN Babat, Jumat (21/6/2019)

TANGERANG, BANTENLINK. COM — SDN Babat, di desa Babat, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/6/2019), melaksanakan pelepasan atas kelulusan para siswa kelas 6 dan merayakan kenaikan murid kelas 1,2,3,4 dan 5

Kepala SDN Babat Zahrudin SPd, menyebutkan berbeda dengan sekolah-sekolah yang ada di perumahan atau perkotaan, di sekolah yang terletak di perkampungan ini mempunyai ciri mempertahankan tradisi samenan.

“Tradisi samenan yaitu melakukan saweran kepada siswa yang berprestasi, dengan menebarkan sejumlah uang kertas ataupun  logam ke kepala atau badan siswa sebagai pemberian hadiah atas keberhasilannya, ” ucap Zahrudin.

Dia menambahkan, tradisi menyawer anak yang berprestasi dengan sejumlah uang merupakan tradisi di SDN Babat  masih dipertahankan. Alasannya, karena memberikan motivasi kepada siswa agar berprestasi  dan orang tua yang merasa senang atas keberhasilan merasa senang memberikan  hadiah kepada anaknya.

“Jadi, jika guru memberikan trophy bagi siswa yang mendapatkan rangking kelas, wali murid justru memberkan uang sebagai hadiah atas keberhasilan belajar anaknya,” tambah Zahrudin.

Tradisi setahun sekali ini, lanjutnya, membuat keunikan tersendiri, dan menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu masyarakat. Tentunya, selain ikut serta dalam pentas seni, mendapatkan hadiah trofi dan berpakaian ala tradisional.

 

EDY TANJUNG

Seorang wali murid menyawer anaknya yang mendapat rangking

 

Leave a Reply