Aksi Donor Darah Mangayubagyo HUT Pemerintah Kota Surakarta Ke 73



Aksi Donor Darah Mangayubagyo HUT Pemerintah Kota Surakarta Ke-73

Surakarta, BantenLink — Pagi tadi tidak seperti biasanya pengunjung di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ ) dipenuhi masyarakat. Bukan menonton pertunjukkan akan tetapi datang untuk mengikuti aksi donor darah dalam rangka mangayu bagyo HUT Pemerintah Kota Surakarta ke-73 Tahun 2019.

Kegiatan bertempat di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Jl Ir Sutami Jebres, Kota Surakarta. Babinsa Kel Jebres Koramil 04 Jebres Kodim 0735 Surakarta Sertu Suwardi dan Serda Teguh Kusno Edi menghadiri dan pantau kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Satpol PP Kota Surakarta. Dan menggandeng seluruh Instansi yang berada di wilayah Surakarta, baik TNI, POLRI, PNS, karyawan RS, MASYARAKAT SERTA ANGGOTA
masyarakat serta perwakilan Satpol PP se-Jawa Tengah, Rabu (19/6/2019).

Dalam aksi donor darah Satpol PP bekerja sama dengan PMI Kota Surakarta, yang dipimpin oleh dr Tri Wuryanto. Aksi donor darah ini dimulai pukul 08.00- 17.00 WIB.

Manfaat donor darah bagi pendonor adalah
– mengurangi penyakit jantung
– meningkatkan produksi sel darah merah
– membantu menurunkan berat badan
– membantu kesehatan psykologis
– mendeteksi penyakit sejak dini.
– menurunkan Resiko kena kangker
– mengurangi zat besi dalam darah.

Darah dari para pendonor yang terkumpul kurang lebih 1000 kantong darah berbagai jenis golongan A, B, AB,O akan dikirim ke Laborat darah untuk diproses, dibagi sesuai kebutuhan, misalnya sel darah merah, plasma, platelet darah dan/atau cryoprecipitaten. Darah donor kemudian siap untuk didistribusikan ke berbagai rumah sakit di Indonesia. Donor darah adalah satu hal sederhana yang bisa Anda lakukan, tetapi bisa membuat perbedaan besar dalam hidup orang lain. Setiap kantong donor darah yang didonasikan bisa menyelamatkan tiga orang yang membutuhkan.

Hadir dalam kegiatan donor darah tersebut Walikota Surakarta (FX Hadi Rudiyatmo), Kepala Satpol PP Prov Jateng (Drs Budiyanto E. P Msi), Kepala Satpol PP kota Surakarta. (Sutarjo ), Asisten 1 pemerintah kota Ska ( Ibu Eny ), Kepala Perusda TSTJ Surakarta ( Bpk Bimo ), Camat Jebres (Agung Riyadi S.Sos. SH. MM), Tamu undangan lainya dan peserta donor.

(Agus Kemplu Pendim Solo)

Leave a Reply