Halal Bihalal Kepala Kemenag Tangsel Dihadiri Pemuka Agama Non-muslim



Oleh Titing Mahdaniar

Open house Idul Fitri Kepala Kemenag Tangsel dihadiri Pemuka Agama Nonmuslim, Jumat (7/6/2019)

TANGSEL, BANTENLINK.COM — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Drs H Abdul Rojak MA, dan istri Hj Ratu Nuraini, di hari ketiga Idul Fitri 1440 Hijriah menggelar halal bihalal di kediamannya, Jumat (7/6/2019). Namun yang hadir dalam open house di jalan H Alwani RT 02/06 Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong itu, tak hanya dari kalangan masyarakat muslim, tapi juga dihadiri tokoh dan warga non-muslim.

Dan suasana kekompakan pun tergambar pada halal bihalal yang diwarnai ramah-tamah dengan menyantap bersama hidangan prasmanan, yang disertai berfoto-foto bersama. Menariknya, berkali-kali tokoh agama nomor satu di Tangsel tersebut mempersilahkan seluruh tamunya mencicipi dua hidangan yang tak lain menu nasiona ikan asin cumi plus sayur asem danĀ  lalapan serta nasi kebuli ala arab.

Abdul Rojak dalam kesempatan itu mengatakan kepada wartawan, memaknai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sebagai momen untuk saling bertemu dan memaafkan satu sama lain, baik antar muslim maupun kepada non-muslim. Tak hanya itu, juga untuk mempererat silaturahmi dan keakraban setelah selama satu bulan penuh umat Islam melaksanakan rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan open house dan silaturahmi ini dihadiri teman sejawat, rekan kantor dan relasi dari berbagai komponen masyarakat. Ya, bukan hanya dari yang muslim kepada muslim tapi juga terhadap sejawat yang non-muslim atau lintas agama,” tuturnya pada bantenlink.com di sela-sela kegiatan.

Abdul Rojak menyebutkan, pesan khusus di Hari Raya Idul Fitri tahun ini agar bisa menjadikannya sebagai momen untuk saling memaafkan satu sama lainnya. Terlebih dengan hadirnya para tokoh agama non-muslim sehingga dapat bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ada Romo Yohannes Hadi Suryono dan jemaat dari Gereja Santo Laurencius Paroki Alam Sutra, Pendeta Edwin, pak Anton dari Parisada Hindu Dharma serta pak Dadang dan rombongan selaku perwakilan umat Khong Hu Cu Tangsel,” jelasnya.

Sementara, Romo Yohannes saat datang bersama rekan-rekannya, dengan ramah menyapa semua yang hadir. “Minal Aidin wal faizin,” ucapnya.

Para tokoh masyarakat yang hadir lainnya, imbuh Abdul Rojak, Ketua Muhammadiyah Tangsel H Burhanuddin, Ketua Majelis Wilayah Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Ciputat H Hasan Ashari Oramahi, Lurah Serpong Utara dan keluarga, Pengawas Kemenag, unsur-unsur Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, GP Ansor, LPTQ serta Persatuan Guru Madrasah dan TPQ.

Leave a Reply