Bupati, TNI-Polri, Tokoh dan Masyarakat Bareng Bukber Ngemper di Tigaraksa



Bupati, TNI-Polri, Tokoh dan Masyarakat Bareng Bukber Ngemper di GSG, Selasa (28/5/2019)

Tangerang | BantenLink.Com — Ratusan anggota TNI dan Polri dari Kodim 0510 Tigaraksa dan Polresta Tangerang serta tokoh dan masyarakat lintas instansi dan profesi di Kabupaten Tangerang, Selasa (28/5/2019), melaksanakan buka puasa bersama (bukber) di Gedung Serba Guna (GSG), Puspemkab Tigaraksa.

Buka puasa digelar dengan format lesehan atau ngemper. Para anggota TNI, Polri, Kesatuan Bhayangkari, alim ulama, wartawan anggota pramuka, Satpol PP dan elemen nampak berbaur menjadi satu untuk menikmati kolak dan nasi kotak yang disediakan panitia.

“Tradisi buka puasa bersama seperti ini yang penuh kekeluargaan harus selalu kita teruskan,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di sela kegiatan itu.

Zaki menambahkan, kekompakkan lintas institusi dan lintas profesi sangat diperlukan demi lancarnya agenda pembangunan. Menurutnya, bulan Ramadan selalu menyediakan banyak momen untuk membangun dan memperkuat silaturahmi.

Sedangkan kepada para jurnalis dia meminta untuk tidak sekadar menjadi penyebar informasi. Melainkan turut menjadi penyebar edukasi dan motivasi yang positif untuk masyarakat.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif yang menginisiasi kegiatan itu menyampaikan, ide menggabungkan buka puasa lintas instansi dan profesi itu didasari atas pentingnya merajut persatuan. Menurutnya, hal itu demi terwujudnya kerukunan pascapelaksanaan pemungutan suara disusul pengumuman rekapitulasi.

Sabilul melanjutkan, wartawan menjadi bagian penting dalam menata kondusivitas di masyarakat. Dalam beberapa kasus, kata dia, gesekkan yang terjadi di masyarakat disebabkan oleh berita hoaks. Pada posisi inilah, lanjut dia, wartawan dapat berperan untuk meluruskan dan menjernihkan informasi.

“Dalam memberitakan pantang memberitakan hoax, tapi harus mencerdaskan masyarakat dalam mengelola informasi,” pesannya.

Sementara di tempat yang sama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mendukung upaya merekatkan persatuan masyarakat. Menurut dia, harus ada kesepahaman bahwa persatuan harus diarusutamakan.

“Sebagai wartawan dan bagian dari pilar demokrasi tentunya kami selalu mendukung usaha-usaha untuk mendewasakan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

MSu/Ed

Leave a Reply