10 Tahun LSM GERAM: Bergerak, Berbaur dan Dekat dengan Masyarakat



Ketua Umum LSM GERAM Alamsyah berpose bersama Ketua DPC GERAM Kota Tangerang Selatan, Jumat (24/5/2019)

TANGSEL| BantenLink.Com — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GERAM Banten Indonesia melaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) secara rutin, yang merupakan agenda dari tingkat kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) hingga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Ketua Umum DPP LSM GERAM Banten Indonesia, Alamsyah, seusai Santunan Anak Yatim dan Buka Puasa (Bukber) yang diselenggarakan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) GERAM Kota Tangerang, mengatakan kegiatan Baksos Santunan Anak Yatim setiap tahun dilaksanakan pengurus.

“Namun santunan bukan hanya pada bulan suci Ramadan kami laksanakan, tapi juga pada waktu-waktu lainnya. Ya, sambil bersilaturahmi teman-teman GERAM yang memiliki rezeki lebih berbagi dengan anak yatimlah,” ungkap Alamsyah, Jumat (24/5/2019).

Ditambahkannya, kepada para pengurus dirinya selalu berpesan agar GERAM selalu bergerak dengan agenda bidang sosial yang harus bisa berbaur dengan masyarakat, diterima masyarakat dan berbuat yang terbaik pada masyarakat.

Komitmen LSM GERAM independen dan tidak terjun ke dunia politik praktis dalam membesarkan namanya. Tapi harus dibuktikan kepada masyarakat dengan selalu berbaur, sehingga hilang asumsi bahwa kebanyakan LSM tidak baik.

Geram juga telah melakukan kajian publik pemerintah. Selain itu, pengabdian kepada masyarakat di wilayah. Kalau ada anak putus sekolah maka GERAM akan menyekolahkannya. Kalau masalahnya biasa akan menitipkannya kepada pemerintah. Kalau penyebabnya masalah ekonomi para pengurus akan patungan mengatasinya.

LSM GERAM beda dengan lembaga lainnya. Yakni sebagai sosial kontrol sekaligus mitra pemerintah. Selain juga menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah pusat dan daerah. Tidak main-main, Alamsyah bertekat, jika ada pengurus GERAM tapi insfrastruktur daerahnya masih acak acakan, maka GERAM Pusat akan membubarkan.

Selama ini sumber anggaran GERAM berasal dari sumbangan pengurus dan kreativitas anggotanya yang 70 persen merupakanpengusaha. Menyisihkan dananya untuk membantu masyarakat.

Dalam 10 pengabdian, katanya, GERAM selalu berkomitmen dan konsisten membantu masyarakat. Tak hanya dalam hal santunan saja, tapi juga di bidang bedah rumah, membangun akses jalan dan kegiatan baksos lainnya. Bahkan kedepan kiprah GERAM akan kami dtingkatkan untuk berbakti sampai ke pelosok-pelosok negeri,” sebutnya.

Alamsyah membeberkan, hingga saat ini ada sejumlah provinsi yakni Banten, Lampung, Bengkulu, Sumbar, Sumut dan Aceh yang menjadi perwakilan LSM GERAM. “Bulan Juni mendatnag kami akan mengembangkan diri ke Palembang, sedang untuk Banten sendiri ada di empat kabupaten dan empat kota,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Leave a Reply