Peduli Palestina, Milad Mesjid Baitussalam BSD Gelar Festival Baitul Maqdis



Foto bersama

Foto-foto kegiatan

TANGSEL — Dalam rangka milad ke-9, Masjid Baitussalam, The Green BSD City, Tangerang Selatan, sukses menggelar puncak acara Festival Baitul Maqdis, dengan mengadakan santunan yatim dan tabligh akbar Damailah Indonesiaku tvOne yang dihadiri ratusan jamaah, Minggu (28/4/2019). Tak hanya itu, pada penggalangan dana berhasil dikumpulkan dana tak kurang dari Rp 15 juta.

Panitia pelaksana acara, H Budi Sudarmono didampingi Ketua Yayasan Relawan Sahabat Al Aqhsa H Suryo Alam dan Ketua DKM Mesjid Baitussalam H Indar Rohani, menyebutkan pelaksanaan kegiatan rutin menyambut bulan Ramadan itu berturut-turut diadakan mulai hari Jumat, Sabtu hingga Minggu, (26, 27, 28 April 2019).

Kegiatan diantaranya menggelar pameran foto, video dan lukisan tentang Baitul Maqdis ini, katanya, terlaksana atas kejasama panitia pelaksana, Baznas, Bank Syariah Mandiri dan perusahaan kain sarung Wadimor.

Sudarmono menambahkan, dalam kesempatan itu telah diisi kuthbah Pembebasan Masjidil Aqsha oleh Relawan Sahabat Al Aqsha Ustadz Faiz Baraja, Jumat 26 April 2019 jam 12.00-12.45 WIB.

“Juga diadakan Kajian Muslimah oleh Santi Soekanto dari Relawan Sahabat Al Agsha yang mengupas buku Buku Emas Baitul Maqdis Perempuan Terbaik Rumah Terbaik dan Kota Terbaik, Jumat, 26 April 2019 jam 15.30-17.30 WIB,” ungkapnya.

Budi Sudarmono melanjutkan, diadakan pula donor darah di aula mesjid lama Baitussalam, Jumat 26 April 2019 jam 08.00 WIB hingga selesai, lomba mewarnai gratis untuk anak TK, PAUD, SD, Sabtu 27 April 2019 dari jam 08.30-11.00 WIB.

“Kami juga menggelar Baitussalam Berkisah oleh Kak Bimo, Sabtu 27 April 2019 jam 10.00-11.00 WIB, dan ceramah Ustadz Felix Siaw selaku Penasehat Sahabat Al Aqhsa yang mengisahkan Sholahuddin al Ayyubi Gue Banget, Sabtu 27 April 2019 jam 13.00-15.00 WIB.”

Secangkir kopi untuk Baitul Maqdis sebagai pusat gravitasi perdamaian dunia, Dari Masjid Menuju Al Aqsha Merdeka, tambahnya, disampaikan Abah Fanni Rahman selaku Ketua Umum Relawan Al Aqsha, yang juga turut dibahas DR Tiar Anwar Bachtiar dan seniman Ricky Harun.

“Puncak acara diadakan Minggu 28 April 2018 jam 12.00-13.00 WIB diisi santunan anak yatim dengan tema Kita Kuatkan Mereka Doakan Allah Menangkan. Sebagai pamungkas kegiatan mesjid Darussalam menyelenggarakan Tabligh Akbar Damai Indonesiaku tvOne jam 13.15-15.15 WIB,” pungkas Sudarmono.

Kegiatan yang bisa dikunjungi dengan gratis itu juga menggelar aneka bazar pengusaha muslim, kuliner, fashion accoustic, nasyid dan face painting. Dilaksanakan pada penutupan di hari Ahad dari pagi hingga sore hari.

Ketua DKM mesjid Darussalam Green BSD City H Indar Rohani

Sementara itu dalam acara meriah selama 3 hari, H Indar Rohani selaku Ketua DKM Baitussalam, mengatakan peringatan milad 9 yang merupakan acara akbar yang digabung dengan Festival Baitul Maqdis. Merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah karena Baitussalam sebagai mesjid masih berusia muda tapi saat ini sudah menjadi ikon dan tempat tujuan jamaah, khususnya di BSD Tangerang Selatan dan para musafir yang sedang lewat di kawasan Green BSD City.

“Kegiatan milad ke-9 mesjid Baitussalan juga sebagai bentuk kepedulian pada nasib muslim Palestina dari sejarah hingga apa yang diderita sekarang. Dari acara diharapkan dapat menggugah kepedulian pada Baitul Maqdis dalam materi maupun doa sehingga mudah-mudahan tujuannya kemerdekaan Palestina biasa tercapai. Semoga kepedulian pada Palestina ini dapat menjadi barokah,” papar Indar Rohani.

Dia melanjutkan Masjid Baitussalam sendiri saat ini telah memiliki sarana prasarana yang memadai dan memiliki program bervariasi yang semata-mata diniatkan demi meningkatkan syiar Islam dan tegaknya Kalimah Allah.

Penggalangan dana untuk Baitul Magdis selama kegiatan berlangsung terkumpul Rp 15 juta tanpa dipotong sepeserpun. Mampu memberi bantuan dalam kepedulian dan simpati sebagai bentuk pikiran dan materi bagi mereka memerlukan bantuan.

Sementara itu, H Suryo Alam selaku ketua yayasan, mengatakan yayasan yang dipimpinnya hingga kini sudah berusia 9 tahun. Kini menjadi even tahunan di Kota Tangsel dengan rangkaian banyaknya kegiatan yang diadakan.

“Banyak tokoh bergabung di sini, selain sudah menjadi tujuan untuk melaksanakan ibadah. Kegiatan seperti memberikan makan pada selesau shalat Jumat, buka puasa senin-kamis bersama menjadi kunci keberhasilan di mesjid yang dibangun tahun 2009, yayasan dibuat 2010 dan pada 2014 mesjid dibangun menjadi lebih besar,” pungkasnya.

EDY TANJUNG

Salah satu kegiatan bazar

Suasana lain di milad ke-9 mesjid Darussalam

Leave a Reply