Life Skill Santri, Pentas Seni MK Gelar Tontonan Spektakuler di Stage Raksasa



Pentas Seni, Santri MK Buat Panggung Raksasa dan Tontonan Bermutu, Sabtu (20/4/2019)

TANGERANG | BantenLInk — Santri mondok itu keren. Buktinya, memiliki sesuatu yang diandalkan. Seperti kemampuan bersenian yang dimiliki para santri kelas 6 Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Khaer (MK),di kampung Babakan, kelurahan Sukabakti, kacamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Santri-santri tersebut pantas mendapatkan acungan jempol karena berbuat spektakuler, bak tim profesional membuat stage (panggung) raksasa dan memberikan tontonan berbagai pertunjukan seni yang bermutu.

Tentunya timbulnya decak kagum masyarakat karena siswa yang baru selesai kelas 12 SMA itu seusai menyelesaikan studi, tidak hanya memiliki pengetahuan tentang keagamaan dan umum, tapi juga mempunyai bekal life skill dan kompetensi ketrampilan bidang seni yang didapatkan dari guru seni dan prakarya selama nyantri di Ponpes Miftahul Khaer.

Lihat sajalah, saat perpisahan sekolah,
pentas seni santri pada Sabtu (20/4/2019) itu, lukisan latar panggung berbentuk bisa dibuat seperti tampilan tiga dimensi di bahan dasar triplek datar setinggi gedung sekolah dan selebar halaman lapangan upacara bendera. Apalagi dilengkapi layar videotron penataan cahaya dan sound system maksimal, tak terasa mengharuskan penonton untuk menilai santri MK memang luar biasa.

KH Hafis Gunawan SPd, selaku pengasuh Ponpes Miftahul Khaer, mengemukakan kegiatan pentas seni santri merupakan rutinitas perpisahan sekolah dengan siswa kelas 6 setiap tahunnya. Menjadi tontonan yang ditunggu para santri, wali santri dan masyarakat di sekitar pondok pesantren setiap tahunnya.

“Selain memiliki pengetahuan agama dan umum, para santri kami mampu berkaya membuat lukisan besar, ahli membangun konstruksi bambu untuk baliho dengan kombinasi adanya skil elektronik dan IT, yang mejadikan panggung spektakuler untuk seni perpaduan suara, seni musik hadroh, seni tari, pantomim dan seni drama dan fashion show islami yang menjadi tontonan bermutu,” ungkap Hafis Gunawan.

Dia menambahkan, ketika para santri sudah lulus dari MK, diharapkan ilmu dan keterampilan yang mereka miliki, dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Bahkan life skill anak ponpes tersebut juga bisa ditularkan ke masyarakat, sehingga dengan sendirinya membawa harum nama pondok pesantren Miftahul Khaer.

EDY TANJUNG

Persiapan pentas seni santri Ponpes Miftahul Khaer, Sabtu (20/4/2019)

Leave a Reply