Ini Sebab Buku Cerita Anak Perpustakaan Keliling Kab Tangerang Disukai Siswa SD



Para siswa SDN Babat, Legok Tangerang saat kedatangan mobil perpustakaan keliling Pemkab Tangerang, Kamis (11/4/2019)

TANGERANG | BantenLink — Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Kabupaten Tangerang secara bergiliran dikunjungi mobil perpustakaan keliling. Lantaran membawa buku-buku berjenis cerita anak, mendapat respon dan disukai siswa serta sangat berminat membacanya.

Seperti terlihat pada Kamis 11 April 2019. Saat para siswa SDN Babat di Desa Babat, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang baru istirahat seusai belajar, satu unit mobil perpustakaan keliling milik pemerintah daerah setempat, memasuki halaman sekolah tersebut. Sedatang mobil, para siswa pun berhamburan mendekatinya.

Seorang supir dan seorang petugas perpustakaan siap melayani minat baca para siswa yang tidak terpenuhi di perpustakaan milik sekolah. Pas supir membuka kap bagian belakang mobil, petugas perpustakaan siap melayani.

Para siswa dapat meraih buku-buku yang tersusun rapi atau meminta diambilkan petugas perpustakaan. Tampak pemandangan bocah berseragam putih-merah asik membaca buku di dekat mobil maupun di bangku-bangku maupun teras sekolah.

Menurut Kepala SDN Babat, Zahrudin, minat baca siswa dalam membaca memang terasa di sekolah yang dipimpinnya. Tapi untuk membaca buku-buku cerita anak sebagai penambah wawasan siswa, sulit dipenuhi karena perpustakaan di sekolahnya lebih dominan dengan buku-buku pelajaran.

“Sekolah kami memang memiliki gedung perpustakaan, sayangnya hanya berisi buku pelajaran sekolah dan buku-buku umum. Nyaris tidak ada buku-buku cerita anak yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan siswa,” ucap Zahrudin.

Sebelumnya, saat petugas Dinas Perpustakaan Kabupaten Tangerang melapor padanya hendak meminta izin menggelar perpustakaan keliling, sempat menanyakan apakah sekolahnya bisa mengajukan proposal meminta bantuan buku agar tercukupi kebutuhan perpustakaan.

Petugas perpustakaan itu tak bisa menjawabnya, karena bagian dan wewenangnya. “Masing-masing punya bagian, ada yang khusus untuk itu. Untuk urusan bantuan buku, ada di bagian TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Bisa mengajukannya kesana, Pak,” terang petugas perpustakaan keliling itu.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply