Usai Direhab, Rispanel Arya Resmikan Posyandu Melati 13 Binong Usulan Aspirasi Warga



Anggota DPRD Kab Tangerang
Rispanel Arya melakukan pengguntingan sebagai tanda gedung Posyandu Melati 13, Binong, Curug, sudah lebih layak untuk dipergunakan setelah direhabilitasi,
Sabtu (23/3/2018)

CURUG, TANGERANG | BantenLink – Selama bertahun-tahun kalau ada yang mau buang air kecil posyandu ini, terpaksa harus buru-buru kembali lagi ke rumah. Hal itu terungkap saat Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Rispanel Arya SST MM, melakukan pengguntingan pita, melakukan peninjauan, memotong tumpeng dan santap bersama warga, sebagai simbolisasi selesainya rehabilitasi dan dapat digunakan kembali gedung posyandu tersebut.

Gedung Posyandu itu adalah Posyandu Melati 13 yang semula dianggap kurang layak yang tidak memiliki kamar kecil, berada di RW 13, Perumahan Binong Permai, Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (23/3/2019).

Acara seremonial “peresmian” Posyandu yang cukup meriah dilakukan warga, setelah selesainya pembangunan gedung, yang kini kondisinya tentu semakin lebih baik, boleh dibilang berkat kepedulian dan perhatian Rispanel Arya pada tempat kepentingan umum yang sangat dibutuhkan warga.

Hadir pada peresmian tokoh dan masyarakat, seperti Ketua RW 13 Kelurahan Binong, Haerul, sesepuh RW 13 Muslihat, Ketua TP PKK RW 13 Ny Haerul, para ketua dari RT 01-11, Ketua Posyandu Melati 13 Yati Imam, para kader Posyandu dan para warga RW 13.

Dalam sambutan peresmiannya, wakil rakyat dari PKS itu menyampaikan rehabilitasi dengan tambahan bangunan Posyandu Melati 13 yang menjadi aspirasi masyarakat kepada Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, dibawanya mulai Musrenbang tingkat kecamatan hingga Musrenbang tingkat kabupaten.

Rispanel Arya pose bersama tokoh dan masyarakat


“Dari APBD 2018, ada sebanyak 54 kegiatan yang kami kawal dan alhamdulillah telah direalisasikan. Yaitu sebanyak 48 pembangunan jalan, drainase dan sarana sosial untuk wilayah Kelurahan Binong. Dan ada 6 kegiatan pembangunan serupa yang dilaksanakan di luar wilayah,” papar Rispanel Arya.

Ditambahkannya dewan yang juga warga Binong ini, jalur aspirasi sangat diperlukan warga. Meski ada anggarannya sendiri khusus untuk kelurahan Binong, namun sebagian sudah ada pos-posnya, antara lain dialokasikan untuk biaya belanja pegawai dan digunakan membiayai yang hal-hal yang prioritas semacam memajukan tempat yang lebih tertinggal.

“Pengalokasian realisasi anggaran sendiri, prinsipnya mengutamakan prioritas dan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Untuk itulah dalam membangun wilayah, saya membuat tagline ‘mari membangun kampung kita untuk lebih baik’,” jelas Rispanel Arya lagi.

Ditambahkannya, besarnya perhatian Pemda Kab Tangerang dalam membangun wilayah Curug, tak lain karena selama dua kali hasil Pileg sebelum-sebelumnya, tidak adavanggota legislatif yang berasal dari kecamatan tersebut. Syukurnya, pada periode 2014-2019, warga setempat akhirnya mempunyai tiga orang wakil rakyat yaitu Rispanel Arya, Imam Turmuzi dengan Ahyani, sehingga bisa akhirnya secara bersama-sama membangun daerah tempat tinggal dan Dapil-nya.

“Dengan memberikan kepercayaan pada kami tetap menjadi Anggota DPRD, insyallah pembangunan infrastruktur daerah Curug m akan terus berlanjut, bisa lebih maju dan dimaksimalkan capainnya, termasuk rehabilitasi semacam Posyandu ini,” sebut anggota DPRD Kabupaten Tangerang yang kini mencalonkan diri lagi untuk masa bakti 2019-2024.

Rispanel Arya berpose bersama kader seusai peresmian Posyandu Melati 13, Binong, Curug, Kab Tangerang, Sabtu (23/3/2018)


Pada bagian lain ia membeberkan, selama ini pemerintah daerah sepakat untuk lebih mendahulukan pembangunan infrastruktur. Setelah jalan dan saluran bagus, mulai dilanjutkan dengan merapikan Kantor-kantor RW, Posyandu-posyandu, termasuk lapangan bulu tangkis.

Setelah itu, Rispanel Arya juga menyinggung persoalan sudah sangat sering terjadi pencurian motor di Binong, Curug. Hal ini menginisiasinya ke depannya dari usulan yang masuk, dalam membangun Binong sebagai kampung kita, akan membuat gapura di setiap gerbang jalan masuk warga,” tambah caleg PKS Dapil Curug Panongan Cikupa bernomor urut 1 itu.

Namun Rispanel Arya tak lupa mengingatkan, agar Posyandu dan lapangan bulu tangkis yang belakangan sudah dibangun agar dimanfaatkan dan jangan sia-sia pembangunannya.

“Kalau lapangan bulutangkis dan posyandu yang tidak dimanfaatkan, nanti akan rusak. Ada saja wartawan yang mempertanyakan, sehingga pengajuan berikutnya dari yang lainnya, bisa-bisa tidak dikabulkan lagi,” ungkap politisi santun yang dikenal merakyat itu.

Di akhir sambutannya Rispanel Arya pun sempat bercanda. Kalau untuk Posyandu masih boleh mengajukan. Tapi tidak untuk kekurangan timbangan dan alat-alat kecil lainnya. Kalau cuma itu, cukuplah pengajuannya ke RW saja, tak perlu sampai menggunakan APBD.

Sementara itu, baik Ketua RW 13 dan Ketua Posyandu Melati 13, kompak menyampaikan terimakasih kepada Rispanel Arya, karena atas adanya kawalan dan perjuanganlah rehabilitasi Posyandu yang telah bertahun-tahun dengan kondisi kurang layak, kini lebih bagus. Padahal telah bertahun-tahun pula telah menjadi tempat melayani ibu hamil dan balita.

“Ironisnya lagi, kalau di Posyandu ada yang mau pipis saja, terpaksa harus buru-buru pulang lagi ke rumah dan kemudian balik lagi ke Posyandu. Oleh karena itulah, atas nama lingkungan kami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan Pak Rispanel Arya,” ungkap Ketua RW 13, Haerul.

Rispanel Arya saat memberikan kata sambutan peresmian Posyandu Melati 13 Kelurahan Binong


Dia sampaikan sangat membutuhkan peranan Rispanel Arya, sebagai Anggota DPRD Kab Tangerang.

“Dalam membawakan aspirasi warga dari Binong pada pada 2019 saja, direalisasikan sebanyak 8 titik kegiatan, salah satunya rehabilitasi gedung Posyandu RW 13,” sambung Haerul.

Ketua RW ini berharap, sinergi semua pihak yang sudah terbangun dengan dewan Rispanel Arya bisa ditingkatkan lagi, dengan menjadikan beliau tetap menjadi anggota DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024, melalui kesuksesan di Pemilu 17 April 2019.

Sedangkan Ketua Posyandu Melati 13, Yati Imam mengatakan, adanya peranan Pak Rispanel Arya, menunjukkan beliau sosok yang tidak hanya janji, tapi memberikan bukti kerjanya sebagai wakil rakyat.

“Terkait Posyandu yang kini semakin layak, semoga setelah semua sarana prasana lengkap, mudah-mudahan Posyandu Melati 13 pada Binwil (bina wilayah) nanti bisa terpilih mewakili Kelurahan Binong,” harap Yati Imam.

EDY TANJUNG

Seremonial pemotongan tumpeng, Anggota DPRD Kab Tangerang Rispanel Arya menyerahkan potongan tumpeng kepada Yati Imam sebagai syukuran selesainya gedung Posyandu Melati 13 Kelurahan Binong, Sabtu (23/3/2019)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply