TNP2K Verifikasi dan Input Data Penerima Bansos Penanggulangan Kemiskinan



Verifikasi dan input data calon penerima bansos penanggulangan kemiskinan oleh TNP2K di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (18/3/2019)

TANGERANG | BantenLink — Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Senin (18/3/2019), memverifikasi dan meng-input data calon penerima dana bantuan sosial (bansos) percepatan penanggulan kemiskinan di desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Menurut petugas desa Ciangir, Asep, TNP2K melakukan pengambilan data diri, gambar wajah dan sidik jari calon penerima bansos dengan sistem berbasis elektronik voucher dan biometrik.

“Selama seminggu, ada sebanyak 512 warga Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, dari wilayah 7 RW dan 18 RT, yang diverifikasi dan di-input datanya. Warga calon penerima bantuan sosial semacam Bantuan Tunai Langsung (BLT) sendiri ditentukan oleh pemerintah,” papar Asep.

Namun dia tidak dapat memastikan apakah data warga calon penerima bansos berdasarkan pengajuan untuk fakir miskin yang mekanismenya dilakukan secara mandiri beberapa waktu lalu. Selain itu tak tahu kapan akan dilakukan pengucurannya.

Ditambahkannya, pihak TNP2K kemudian memverifikasi data diri calon penerima bansos, mengambil gambar wajah dan sidik jari, akan membuat barcode untuk kartu masing-masing.

“Tapi belum tahu berapa nilai bantuannya dan dananya langsung akan diterima atau diambil sendiri oleh penerima bansos di bank BRI yang telah ditentukan pemerintah,” jelasnya.

EDY TANJUNG

Warga Ciangir calon penerima saat verifikasi dan input data yang dilakukan TNP2K, Senin (18/3/2019)

Leave a Reply