HJ. NURJANAH HULWANI : MUSLIM INDONESIA HARUS BELAJAR DARI MASYARAKAT GAZA PALESTINA



Masyarakat Gaza di Palestina saat ini tidak terpengaruh dengan kebiadaban zionis Israel. Kekejaman yang dilakukan bangsa Yahudi ternyata membuat masyarakatnya semakin mendekatkan diri pada Allah SWT. “Dirumah-rumah mereka setiap saat berkumandang lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, begitu bersemangatnya mereka menghafal untuk bisa menjadi hafiz dan hafizoh”,. Kondisi Negara mereka yang porak poranda tidak menghalangi mereka untuk beribadah. Keimanan begitu kuat tertanam dalam diri mereka.”Walaupun fisik mereka banyak yang cacat justru membuat mereka semakin bersemangat untuk hapalkan Qur’an 30 juz, dan dengan lantang mereka mengatakan semoga bagian-bagian dari tubuh mereka yang hilang karena kekejaman Israel  telah berada di surganya Allah SWT”, tambahnya begitu haru.

Nurjanah menceritakan realitas tersebut selama kunjungannya ke negeri yang terdzalimi imperialis Yahudi Laknatullah. Begitu banyak pelajaran yang bisa diambil dari masyarakat Gaza, termasuk bagaimana pembantaian Israel setiap saat malah membuat masyarakatnya menyongsong dengan gagah berani kesyahidan.”Dengan peralatan seadanya mereka lawan tentara  Israel dengan  persenjataan lengkap dan modern tanpa rasa takut sama sekali”, kata aktivis muslim wanita ini.

Selama disana dia juga melihat kenyataan bagaimana keterbatasan bahan makanan dilawan dengan berpuasa sunah. Jadi tidak makan berhari-hari menjadi hal yang biasa buat mereka, termasuk kehilangan nyawa sanak sanak, saudara dan tetangganya.”Dampaknya bisa dirasakan, hampir sulit kita temukan tempat wudhu di mesjid-mesjid, karena mereka menjaga wudhunya setiap saat sejak dari rumah, karena kesyahidan menjadi tujuan utama mereka. Begitu juga mesjid selalu penuh setiap waktu sholat. Persisi seperti hari-hari pertama Ramadhan di Indonesia”, jelas Nurjanah.

Inilah saatnya masyarakat muslim Indonesia belajar dari masyarakat Gaza Palestina. Janganlah kemerdekaan, kemakmuran dan kesejahteraan meninabobokan untuk membangun ketaatan kepada Allah SWT. Seharusnya begitu banyak kenikmatan yang diberikan membuat bangsa Indonesia semakin tahu arti bersyukur, dan bukan sebaliknya malahan semakin hari-semakin bermaksiat kepada Allah SWT.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Comments are closed.