Soal Limbah Merembes, RS Murni Asih Dihadapkan Camat dengan Dinas dan Warga



Camat Pagedangan Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik, berbincang dengan Jamin Ginting (pihak RS) seusai pertemuan dengan dinas-dinas terkait dan warga, di kantor kecamatan setempat, Rabu (13/3/2019)

PAGEDANGAN, TANGERANG | BantenLink — Camat Pagedangan, Achmad Taufik, Rabu (13/3/2019), pagi hingga siang hari, menghadapkan pihak Rumah Sakit (RS) Murni Asih dengan dinas-dinas dan warga terkait, atas adanya aduan keresahan masyarakat di RT 02 RW 01, Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang

Hal tersebut sehubungan dugaan adanya limbah cair berbahaya dari RS Murni Asih, yang ditengarai merembes ke lahan warga di lokasi rumah sakit yang belum lama berdiri itu. Sayangnya, soal itu pihak RS Murni Asih yakni Dr Floren dan Jamin Ginting SH pun belum memberikan keterangan yang komprehensif.

“Tak hanya memanggil pihak rumah sakit, kami mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Ketua RT dan Ketua RW setempat,” ucap Camat Pagedangan.

Achmad Taufik menjelaskan, didatangkannya pihak rumah sakit dan mengundang instansi-instansi terkait serta para ketua RT dan RW selaku mewakili warga yang mengadukan RS Murni Asih dalam kapasitas hanya memfasilitasi saja dan tidak mengambil tindakan.

“Pertemuan ini untuk menunjukkan bahwa pemerintah, khususnya Kecamatan Pagedangan, tidak membiarkan persoalan yang timbul di masyarakat. Untuk itu, selain mendatangkan pihak RS Murni diundang DLH, Dinkes, DPMPTSP serta para Ketua RT dan RW,” ungkap Camat Pagedangan seusai pertemuan.

Dalam pertemuan tadi, katanya lagi, pihak rumah sakit dimintai penjelasannya, sedangkan dinas-dinas serta RT RWbyang hadir akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya, seperti melakukan pengecekan berbagai hal tentang RS Murni Asih.

“Instansi terkait seperti DLH, Dinkes dan Dinas Perizinan akan melakukan tugas sesuai tupoksinya. Kami minta seluruh ketentuan dilakukan RS Murni Asih. Kalau ada yang perlu diperbaiki, ya harus diperbaiki,” tegas Achmad Taufik.

Ditanyai terkait adanya tanda tangan warga yang diduga dipalsukan, Camat Pagedangan meminta hal itu jangan dibesar-besarkan. Dia menyarankan, seharusnya pihak RS Murni Asih melakukan komunikasi yang baik dan hubungan yang harmonis dengan masyarakat.

EDY TANJUNG

Leave a Reply