Pemilihan OSIS Miftahul Khaer Sebagai Regenerasi Organisasi Siswa Berjalan Demokratis



TANGERANG — Upacara pengibaran bendera mengawali acara pemilihan Ketua dan Pengurus OSIS yang juga diikuti jajaran dewan guru dan staf di lingkungan Yayasan Miftahul Khaer, di halaman Ponpes tersebut, di Sukabakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, kemarin.

Pimpinan Ponpes Miftahul Khaer Hafis Gunawan menyampaikan,realisasi pemilihan Ketua OSIS MTs dan SMK Miftahul Khaer masa bakti 2019-2020 berlangsung secara demokrasi. Dirinya merasa bangga dengan para santrinya yang melangsungkan pemilihan ketua dan pengurus OSIS SMP dan SMK yang berjalan lancar, efektif dan efisien berdasarkan ketentuan dan prosedur yang sudah ditentukan.

“Pemberian pendidikan keorganisasian OSIS sangat bermanfaat bagi para peserta didik, yang bisa sebagai aspek penunjang kesuksesan nantinya. Karena bisa sebagai pelatihan kepemimpinan yang cerdas dan bertanggung jawab serta bertaqwa kepada Allah SWT,” ungkap KH Hafis Gunawan.

Selain, terusnya, kegiatan OSIS mendukung kegiatan pembelajaran (KBM), apalagi jika dilandasi iman dan taqwa serta tekhnologi, yang menjadikan hakikat kegiatan pendidikan yang sesungguhnya.

“Maka dari itu diperlukan keahlian khusus dalam me-manage sebuah organisasi, agar organisasi tersebut bisa tumbuh dan menjadi kekuatan dalam menunjang keberhasilannya. Kualitas kompetensi seorang pemimpin yang bagus juga akan berimbas pada kinerjanya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Hafis Gunawan mengaku menceritakan pengalaman seorang pengurus pondok Pesantren yang kunci sukses berorganisasi. Dia menerapkan semboyan “DIA PITAK K-3”, yang mencakup semua aspek penunjang keberhasilan sebuah sistem dalam berorganisasi.

“Misalnya memiliki disiplin bisa mencegah atau paling tidak tak kan ada kegiatan yang sia-sia atau buang-buang waktu yang dapat menghancurkan kemajuan organisasi. Organisasi yang tidak berlandaskan atas keimanan seperti layaknya gank-gank motor atau organisasi para preman, organisasi kejahatan.” ujar Hafis.

“Jadi, yang baik adalah organisasi yang berpikir kedepan dan terus maju bahwa sebuah organisasi harus punya semangat progressif (semangat untuk maju),” tandasnya.

“Bahwa sebuah organisasi harus bersifat inovatif jangan terpaku dengan sistem lama karena dunia ini menuntut perubahan perubahan terus berlanjut sesuai perobahan jaman,” tandasnya.

Motto:

Action, menurutnya
jangan terlalu banyak berdiskusi mengenai pembentukan sistem yang baik segeralah action jangan teralu banyak membuang waktu action termasuk motto mengevaluasi ide-ide gagasan yang berpotensi segera lakukan So, action!”imbuhnya.

Sistem kekeluargaan.

Sebaiknya organisasi harus punya hubungan seperti layaknya keluarga dan hindari permusuhan sesama anggota ataupun konflik ketua dengan anggota organisasi seperti layaknya sebuah keluarga,” tegasnya

Kerjasama tanpa aspek yang satu ini Hafis menyarankan, saya yakin sebuah organisasi sulit untuk maju bagiamana tidak, jika tidak ada koordinasi kerjasama antar komponen organisasi untuk melaksanakan satu program kerja saja mungkin akan kesulitan dibuatnya.

Kreatif

Ciptakan sebuah produk-produk sebagai ciri maupun penemuan yang bermanfaat untuk orang lain jika anda adalah organisasi pecinta alam maka cipatakan lah sesuatu hal yang berhubungan dengan itu.

Misalnya, membuat rumah pohon, Flying Fox, Budidaya jamur, dll. Teruslah ciptakan produk-produk untuk mengkokohkan eksistensi sebuah organisasi.

Kompetitif

Persaingan antar sesama organisasi itu wajar dan pasti ada.

Untuk itu kita sebagai organisasi jangan punya sifat mengalah teruslah benahi dan harus lebih baik daripada pesaing kita, diharapkan bukan menjadi persaingan kurang baik dengan menghalalkan segala cara.

Leave a Reply