Pelatihan Kuliner PBB Inisiasi Isteri Caleg Moh Saleh Asnawi Diresmikan



Foto bersama saat peresmian Al Mahmudah Dapur Pintar “PBB” yang diprakarsai Hj Mahmudah, isteri tercinta Caleg PBB Dapil 3 Setu-Serpong No 1 H Moh Saleh Asnawi, di kantor DPC PBB Kota Tangsel, Kamis (7/1/2019)

TANGSEL | BantenLink — Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB), Jurhum Lantong SH MH, menghadiri dan menggunting pita tasyakuran peresmian, serta meninjau fasilitas “Al Mahmudah Dapur Pintar” yang diinisiasi Dra Hj Siti Mahmudah MPd yakni isteri Drs H Moh Saleh Asnawi MA MH, yang merupakan Caleg PBB daerah pemilihan (Dapil) 3 Kecamatan Setu dan Serpong nomor urut 1. Acara dilaksanakan di kawasan kuliner Lubana Sengkol, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan, Kamis (7/1/2018).

Tasyakuran peresmian Al Mahmudah Dapur Pintar itu diawali pembacaaan doa oleh H Imroni dan ditandai pemotongan tumpeng serta pemasangan celemek oleh isteri tercinta Moh Saleh Asnawi pada perwakilan para anggotanya.

Acara dihadiri juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang (DPC PBB) Kota Tangerang Selatan, Jonson Hazairin SH, para pengurus dan anggota serta para Caleg dari 6 daerah pemilihan (Dapil) dari 7 kecamatan, serta Kepala Bidang (Kabid) Promosi usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dinas Koperasi Kota Tangerang Selatan, A Rizal.

Dalam kesempatan itu Jonson Hazairin berpesan agar seluruh pengurus dan anggota PBB menyukseskan Pemilu tanggal 17 April 2019. Menjelang, saat dan seusai Pemilu, harapnya, semoga tidak terjadi gejolak di Kota Tangerang Selatan. Untuk itu, dia meminta, agar seluruh masyarakat tidak pula gampang terprovokasi informasi hoax oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan kondisi negara aman.

“Dan dengan diresmikannya Al Mahmudah Dapur Pintar, yang merupakan wadah pelatihan kuliner yang persembahan DPC PBB, bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat, bukan saja pengurus dan anggota PBB, tapi oleh seluruh warga Kota Tangerang Selatan. Intinya, dapur pintar PBB semoga beguna untuk semuanya,” kata Jonson Hazairin SH.

Ketua Majelis Pertimbangan DPC Partai Bulan Bintang (PBB), Moh Saleh Asnawi, mengatakan peresmian Al Mahmudah Dapur Pintar sekaligus menempati kantor baru KAPPU (Kantor Aksi Pemenangan Pemilihan Umum) PBB, sebagai penghargaan dan ungkapan kasih sayangnya terhadap istri tercinta Dra Hj Siti Mahfudah MPd.

“Istri saya Siti Mahfudah dan temannya Ani Gayatri-lah yang menginisiasi Dapur Pintar ini. Mottonya: Kreatif, Inovatif dan Enak Masakannya. Diresmikan sebagai kontribusi sang istri pada suami. Wujud nyata bahwa suami pun tidak mungkin eksis tanpa dukungan istri. Saya merasakan hal ini selama 35 tahun menikah. Termasuk selama menjadi politisi Partai Hanura maupun setelah sekarang menjadi Caleg di Partai Bulan Bintang,” puji Moh Saleh Asnawi tentang besarnya peran istrinya dalam mengisi perjalanan hidupnya.

Calon anggota legislatif (Caleg) nomor 1 dari daerah pemilihan (Dapil) 3 Kecamatan Setu dan Kecamatan Serpong itu menjelaskan, Al Mahmudah Dapur Pintar sendiri dimaksudkan sebagai tempat penggodokan sumber daya manusia. Kita ketahui, katanya, manusia sendiri tak akan bisa hidup sampai sekarang ini tanpa adanya dapur. Begitulah pentingnya dapur, ungkapnya.

“Jadi, tujuan didirikannya Al Mahmudah Dapur Pintar, selain sebagai tempat penggodokan pengetahuan juga sebagai embrio eksistensi atau kehidupan. Oleh karena itu, saya sampaikan terima kasih dan salut atas inisiasi istri saya ini. Di sini, nantinya ibu-ibu, remaja putri bahkan bapak-bapak yang tertarik kuliner bisa belajar gratis, memroduksi dan memasarkannya. Artinya, PBB siap memfasilitasi modalnya bauk melalui anggaran Pemda, maupun lewat dana CSR perusahaan swasta,” papar Moh Saleh Asnawi.

Dia menambahkan, di Al Mahmudah Dapur Pintar, PBB akan mengedukasi warga Kota Tangerang Selatan untuk bisa berwirausaha. Bahkan jika “dapur pintar” ingin dimanfaatkan lintas partai pun tidak apa-apa.

“Ini mimpi saya, agar kedepan agar lebih terspesialisasi lagi, seperti membuat kue dan memasarkan Kue dengan kemasan desain menarik dan memasarkan lewat kemajuan media digital,” terang Moh Saleh Asnawi.

Selain untuk pelatihan dan produksi, lanjutnya, juga memgedukasi hal-hal terkait lainnya. Seperti akan membuat pemasarannya seperti pasar kue subuh di Pasar Senen atau Pasar Kue Tangerang.

“Peserta bisa juga belajar jadi supplyer. Intinya, memancing jiwa enterpreneur. Pemda dan perusahaan melalui CSR akan kita minta turun tangan membantu mengucurkan modal, Jika maju, akan mendukung Kota Tangerang Selatan dengan anadalan destinasi wisata kulinernya,” beber Moh Saleh Asnawi.

Senada suaminya, Dra Hj Siti Mahmudah MPd dalam kata sambutannya mengemukakan, tanpa adanya peran Dra H Moh Saleh Asnawi MA MH sebagai suaminua, dirinya tak akan menjadi apa-apa. Tentang dirinya yang mengisiasi Al Mahmudah Dapur Pintar, dengan rendah hati pula dinyatakannya, tanpa adanya ibu-ibu pun dapur pintar tidak akan jadi apa-apa. Harapannya, kedepannya dengan adanya dapur pintar sebagai pemroduk, Kota Tangerang Selatan bisa memiliki pasar tradisional yang khusus menjual kue-kue.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih bapak A Rizal selaku Kabid Promosi UKM Dinas Koperasi Kota Tangerang Selatan yang telah sudi menghadiri peresmian Al Mahmudah Dapur Pintar sebagai tempat pelatihan kuliner dan wirausaha. Setelah peresmian ini, diharapkan dapat merubah mindset masyarakat yang sudah maju menjadi lebih maju berkat hadirnya Al Mahmudah Dapur Pintar dengan motto: Kreatif, Inovatif dan Enak Masakannya.

Seiring peresmian dapur pintar, saya pun memohon bantuan ibu-ibu dan seluruh hadirin agar pada Pemilu 17 April 2019 nanti, sudilah kiranya memenangkan suami saya tercinta bapak Dra H Moh Saleh Asnawi MA MH yang sudah dua kali menjabat di DPRD, agar terpilih kembali sebagai Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan,” pinta Dra Hj Siti Mahmudah MPd.

Lebihbjauh dikatakannya, di Kota Tangerang Selatan sendiri banyak yang pintar memasak, nah marilah kita berbagi ilmu di dapur pintar. Dengan memanfaatkan kepintaran memasak, tentu bisa pula mendatangkan pendapatan. Terlebih lagi dengan ada guru Ani Gayatri yang memiliki banyak pengalaman di bidang kuliner, termasuk pernah bekerja di acara kuliner Indosiar, yang kini membantu untuk dapur pintar,” ujar Siti Mahmudah.

Sementara itu, Kabid Promosi UKM Dinas Koperasi Kota Tangerang Selatan, A Rizal, mengatakan, sebagai kota baru lahir Tangerang Selatan sudah langsung menggeliat, sehingga Pendapatan Asli Daerah saat ino telah mencapai Rp 3,4 triliun per tahun.

“Kita harapkan nanti produk UKM akan lahir dari dapur pintar, kalau perlu disempurnakan Dinas Koperasi yang dimulai dengan sertifikasi halal, memberikan penyuluhan pangan dan pemberian izin, serta harga yang memenuhi standar,” ucap Kabid Promosi UKM Dinas Koperasi itu.

Sebagai Kepala Bidang Promosi UKM dia menyampaikan akan bersinergi dengan Al Mahmudah Dapur Pintar. Terlebih mengingat adanya galeri UKM di 7 kecamatan yang ada di Kota Tangerang Selatan. Di tempat ini pun produk UMKM dapat disalurkan.

“Pemkot Tangerang Selatan bersifat bottom up. Untuk memasilitasi dan mebantu permodalan UKM mulai dari kelurahan dari penyelenggaraan Musrenbang. Untuk pasaran UKM, tahun ini pun Pemkot Tangsel sudah memiliki Inovasi Center. Semacam Smesco yang bisa dijadikan sebagai pusat informasi UKM. Tempatnya gedung berlantai 10 yang berada di depan hotel Pops,” pungkas A Rizal.

EDY TANJUNG

Leave a Reply