Agar Tak Disalahgunakan, Blanko KTP Harus Secepatnya Dicetak dan Didistribusikan



Kepala Disdukcapil Kab Tangerang Syarifudin


TIGARAKSA, TANGERANG | BantenLink — Lantaran rawan akan terjadinya penyalahgunaan blangko E-KTP (Elektonik-Kartu Tanda Penduduk), Direktorat Jenderal Administrasi Kependudukan, Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Adminduk), mengingatkan blankonya dilarang disimpan lama. Setelah datang harus segera dicetak dan didistribusikan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Syarifudin, menyampaikan peringatan keras Dirjen Adminduk Kemendagri tersebut, terkait belum lama ini telah menyetujui penggelontoran sebanyak 100 ribu blanko E-KTP untuk Kabupaten Tangerang.

“Penggelontorkan blanko E-KTP harus sesuai dengan kemampuan cetak setiap daerah. Penggelontorannya secara berkala dan harus secepatnya dicetak untuk menghindari penumpukan,” ucap Syarifudin.

Dia menambahkan, sayangnya saat ini di Disdukcapil Kabupaten Tangerang sendiri hanya sebanyak 7 unit alat cetak E-KTP dengan kemampuan mencetak masing-masing 300 blangko E-KTP dalam sehari. Jadi, secara keseluruhan hanya dapat mencetak 2100 E-KTP dalam satu hari.

‚ÄúDalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Tangerang segera akan menambah 10 unit lagi dari sebelumnya hanya 7 unit alat cetak E-KTP, agar pembuatan KTP warga cepat selesainya,” tandasnya.

IST/SUT/ED

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply