TPST MITRA WARGA GMC TANGERANG RESMI BEROPERASI

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Mitra Warga GMC Tangerang resmi beroperasi  Sabtu 1 Februari 2014. Peresmian dilakukan secara sederhana dimulai dengan acara selamatan yang dihadiri Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang Moh.  Eko Riadi,SH, Kepala Desa Panongan, para Ketua RW dan RT yang ada di lingkungan perumahan Graha Mitra Citra (GMC) Panongan Kabupaten Tangerang serta para tokoh masyarakat dan agama, Sabtu 31 Januari 2014.

Dalam sambutannya Eko menyatakan bahwa Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) merupakan salah satu mitra kerja Komisi IV yang membidangi Kesehatan dan Lingkungan. Sebagai mitra kerja selama ini DKPP Kabupaten Tangerang terkesan tertutup dalam menjalankan program pembangunan TPST,”Saya saja kalau tidak diinformasikan teman-teman GMC tidak pernah tahu lokasi ini. Makanya setelah tahu saya juga berkoordinasi dengan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Amran Arifin untuk mengawal rencana pembagunan TPST ini”, tegasnya. Sebagai Anggota, Eko sejak awal masuk di DPRD Kabupaten  Tangerang   tidak pernah bergeser posisinya di Komisi IV. Selain itu keberadaannya sebagai Anggota Badan Anggaran tentu saja lebih memudahkannya untuk membantu rencana warga GMC untuk memiliki TPST sebagai solusi pengelolaan sampah yang baik.



Selanjutnya Ketua KSM Mitra Warga Riki Gustiar SH menyatakan,”Tiga bulan pertama TPST baru bisa melayani pengelolaan sampah di RW 02 dulu, ini terkait sdm dan kemampuan pendukung lainnya”, kedepan dengan penambahan sdm serta kelengkapan pendukung telah memadai maka bisa dipastikan tidak ada masalah kalau pengelolaan sampah juga meliputi RW 04 dan RW 05 GMC.”Jumlah KK di GMC sekitar 1200 saja, sedangkan kapasitas kemampuan TPST bisa mencapai 2000 KK”, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Panongan Suhendi meminta agar bantuan pemerintah untuk pembangunan TPST senilai 500 juta ini bisa dikelola dan memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat. “Dengan adanya TPST ini, maka bisa membantu pemerintahan desa dan kecamatan dalam mengatasi permasalahan pengelolaan sampah”,katanya. Dan keberadaannya tentu saja bisa menjadi kebanggaan masyarakat Desa Panongan khususnya dan Kecamatan Panongan umumnya.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Comments are closed.