Diduga Berkualitas Buruk, Jembatan Tangerang-Serang Dibangun 2018 Ambruk!



Jembatan Solear penghubung Kab Tangerang dan Kab Serang baru dibangun 2018 yang ambruk

Tangerang | BantenLink — Jembatan gantung yang baru dibangun menggunakan dana APBN tahun 2018 yang menghubungkan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang yang diduga dibangun tak berkualitas baik ambruk, Minggu (27/1/2019).

Terputusnya jembatan gantung yang berada antara Solear, Kabupaten Tangerang, Desa Solear dan Kabupaten Serang, itu membuat akses warga terputus.

“Kami baru mendapatkan laporan kemarin pagi, jembatan gantung itu putus, akses baru menjadi terganggu,” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Slamet Budi, Senin, (28/1/2019).

Budi mengatakan bagian jembatan yang putus masuk ke wilayah Desa Kamarang,  Kabupaten Serang, itu merupakan proyek yang dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Jadi ini merupakan kewenangan dan tanggung jawab pemerintah pusat,” kata Budi.

Menurut Budi, jembatan tersebut dibangun menggunakan APBN pada 2018 lalu.

“Kami dari Kabupaten Tangerang akan segera membuat laporan ke Kementrian PUPR dan  Dirjen Bina marga untuk segera ditangani terhadap kerusakan jembatan gantung tersebut,” katanya.

Tim Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang telah melakukan pengecekan ke lapangan.

“Penyebab jembatan roboh karena taking slingnya lepas,” kata Budi.

Untuk sementara, selama jembatan gantung belum diperbaiki, akses masyarakat menggunakan jalan alternatif.

“Tapi ongkosnya semakin mahal karena jarak tempuh semakin jauh, dan melewati beberap wilayah yang sangat jauh, ” ujarnya.

KIR SUT

Leave a Reply