Kapolresta Tangerang Ungkap Kasus Bobol ATM Cara Konvensional



Kapolresta Tangerang, Kombes Sabilul Alif saat mengungkap kasus bobol ATM di Tigaraksa, Rabu (12/12/2018)

TIGARAKSA | BantenLink — Pasanglah CCTV di tempat yang rawan pencurian agar memudahkan polisi mengungkap kasusnya.

Pesan ini disampaikan Kapolresta Tangerang, Kombes Sabilul Alif, saat konferensi pers penangkapan komplotan pencurian uang di mesin ATM yang terjadi di Tangerang.

Untuk itu dia meminta, jika memasang CCTV harus jangan yang blur, karena menyulitkan dalam pengungkapan.

Seperti pengungkapan kasus oleh salah satu Bank yang melaporkan laporan pebobolan bank tiga tahun di Tangerang yang menjadi kado akhir tahun dengan mengungkapkan kasus pembobolan ATM.

Didampingi Kapolda Banten, Brigjen Pol Tomsi Tohir, Sabilul mengungkapkan, aksi pembobolan ATM bukan hanya dilakukan di wilayah Tangerang dan Serang, Banten, tapi juga beberapa tempat lainnya di pulau Jawa.

Modus operandi yang dilakukan komplotan pembobol ATM dengan berbagi tugas membuat pemetaan, merusak plafon, dan masuk ke ruangan untuk merusak ATM dan mennguras uang yang ada di mesin.

Di wilayah Banten para pelaku telah beraksi di tiga tempat di Kabupaten
Tangerang dan Kota Serang. Dari situu komplotan berhasil menggondol uang masing-masing senilai Rp 1 Miliar, Rp 200 Juta dan Rp 170 Juta.

Dari tangan tujuh pelaku pembobolan ATM, polisi berhasil menyita barang-barang bukti seperti alat las, tabung oksigen, gergaji, tang dan linggis.

Selain itu juga ikut disita 3 unit sepeda motor yang digunakan para pelaku.

Menurut Kapolresta Sabilul Alif, para tersangka, dalam beberapa tahun sudah beberapa tahun melakukanhal yang serupa dengan modus dan cara-cara lama.

Untuk melakukan pencurian para pembobol berbagi tugas seperti melakukan pemetaan. Komplotan membobol plafon atau internit.

Menurut Kapolresta Tangerang, tersangka, aksi serupa sudah beberapa tahun dilakukan. Modusnya dengan cara lama yang konvensional.

Agar bisa masuk ke dalam ruang. Kemudian merusak untuk merusak ATM dengan cara mengelasnya. Sedang yang lainnya memantau situasi di luar tempat ATM.

EDY

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply