Pemkot Tangsel Yakin Capai Pendapatan Sektor Pariwisata Rp 300 Miliar Tahun Ini



Pemberian penghargaan kepada perusahaan pariwisata oleh Pemkot Tangerang Selatan, yang dilaksanakan di hotel Mercure, Alam Sutera,
Senin (3/12/2018)

SERPONG UTARA, TANGSEL | BantenLink — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mengungkapkan, pendapatan sektor pariwisata sudah mencapai Rp 250 miliar per November 2018. Untuk itu berharap bisa mengejar target sebesar Rp 300 miliar hingga akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Yudiyanto, saat memberikan sambutan sebelum Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menganugerahkan Adhikarya Wisata Achievement Award kepada pemenang 10 perusahaan pariwisata yang digelar di Hotel Mercure, Alam Sutra, Senin (3/12/2018).

Judiyanto mengatakan, Kota Tangerang Selatan saat ini menjadi magnet karena sektor andalan pariwisata. Karena dikelilingi pusat keramaian menjadikan sektor pariwisata menjadi primadona.

“Sektor pariwisata bahkan menjadi sumber nomor dua pendapatan asli daerah Kota Tangerang Selatan,” kata Yudiyanto.

Penghargaan karya wisata oleh Pemkot Tangerang Selatan itu sendiri dihadiri para pengusaha hotel, restoran, travel, pusat perbelanjaan karaoke, spa, tempat rekreasi, mice dan olahraga rekreasi.

“Untuk terus meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata, pada tahun 2019 kita menargetkan sebanyak 50 even. Di tahun ini bertepatan HUT Kota Tangsel, sudah mengadakan 24 even. Sedangkan tahun 2017 lalu hanya mengadakan 8 even,” terang Yudiyanto.

Untuk memudahkan dalam menempuh tempat wisata, lanjutnya, Pemkot Tangsel akan menyediakan kenderaan wisata secara gratis.

Kembali ke Masyarakat

Yulianto memaparkan, penghasilan PAD tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan yang dirasakan manfaatnya.

Disebutkannya, PAD dari sektor pariwisata dengan nilau cukup besar mencapai 10-15 persen pertahun. Strategi untuk memacu pendapatan sektor pariwisata ialah dengan banyak menjual even-even festival.

“Sebagai contoh, di HUT Kota Tangsel pada bulan November 2018 digelar 18 even. Festival Burung Berkicau yang berskala nasional, membuat susahnya mencari hotel di sekitar Sunbrust,” ungkap Yulianto lagi.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkot Tangsel berkomitmen mengeluarkan regulasi yang semakin majukan usaha wisata karena berdampak pada pendapatan.

“Pada tahun 2019, agar mengalami kemajuan, perusahaan pariwisata diminta meningkatkan sapras dan SDM-nya agar lebih baik.

Untuk itu Dinas Pariwisata Kota Tangsel akan menyertifikasi sebanyak 200 perusahaan.

“Termasuk memberikan pelatihan menyangkut standar produk, mutu dan pemasaran Dinas Pariwisata bekerjasama dengan STIP Sahid,” ucap Yudiyanto.

Selain itu dimintanya para pengusaha agar mengajak teman-teman untuk berinvestasi pada perusahaan pariwisata.

“Usaha pariwisata seperti hotel, restoran, travel, pusat perbelanjaan, karaoke, spa, tempat rekreasi, mice dan rekreasi olahraga dalam bidang legalitas, taat pajak, kepedulian lingkungan, perizinan, sanitasi dan sapta pesona,” tandasnya.

Penerima Penghargaan

Sementara, untuk pemenang Airin Rachmi Diany memberikan penghargaan kepada Hotel Aviary Bintaro,Restoran Talaga Sampireun Bintaro, Travel
Hayatitun Thoyibah Tour, Pusat perbelanjaan Bintaro Plaza, Karaoke Inul Vista BSD Square, Spa My Place, tempat Tempat Rekreasi Pulausitu Gintung 3, Mice Tri Artha MahadayaRekresi Olahraga Golf BSD dan Bioskop XXI BSD Plaza

DY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply