Klarifikasi Berita Dugaan Oknum Polisi Curug Lecehkan Advokat dan Wartawan



Mako Polsek Curug

I. DASAR :

A. Media Online BBsNews.co.id dengan judul “Oknum Polisi Polsek Curug Diduga Telah Melecehkan Profesi Advokad dan Wartawan”

B. Media Online BantenLink dengan judul “Ketua LBH Bara JP Lapor ke Kapolri Terkait Oknum Polisi Lecehkan Profesinya”

C. Media Online kabartoday dengan judul “Oknum Polisi Polsek Curug Melecehkan Advokad dan Wartawan”

II. KRONOLOGIS

– Pada hari Rabu tanggal 14 November 2018, jam 12.20 WIB, Polsek Curug menerima Laporan Polisi tentang dugaan tindak pidana perbuatan zina antara UJ dan LI, atas nama pelapor AD

– Pada hari Kamis tanggal 15 November 2018, sekira jam 17.00 WIB, datang terlapor atas nama UJ ke Polsek Curug dengan diantar oleh beberapa orang yang diantaranya mengaku bernama WU (mengaku bibi dari UJ) dan JU (mengaku paman UJ) dengan maksud untuk melakukan mediasi terkait laporan polisi yang dibuat oleh AD tentang dugaan tindak pidana perbuatan zina.

– Setelah sampai di Polsek Curug, perwakilan keluarga dari UJ yang mengaku bernama WU dan JU meminta kepada Polsek Curug untuk dipertemukan dengan pihak pelapor.

– Setelah pihak pelapor dihubungi oleh Polsek Curug dan memberitahukan maksud serta tujuan dari perwakilan keluarga UJ, pelapor berkenan dilakukan mediasi asalkan pihak dari terlapor UJ dan LI hadir.

– Atas jawaban dari pihak pelapor tersebut, Polsek Curug menyampaikan harapan dari pihak pelapor kepada perwakilan keluarga UJ bahwa ruang mediasi masih terbuka asalkan masing-masing pihak dari UJ dan LI hadir.

– Perwakilan dari keluarga UJ menyanggupi bahwa LI dan keluarganya akan hadir ke Polsek Curug pada malamnya.

– Sekira jam 23.00 wib, LI dan keluarganya tiba di Polsek Curug atas undangan dari pihak keluarga UJ. Selanjutnya WU (mengaku bibi dari UJ) meminta Polsek Curug untuk menghubungi pelapor dan memberitahukan bahwa Pihak UJ dan LI telah hadir di Polsek Curug dan siap melakukan mediasi.

– Polsek Curug menghubungi pelapor dan memberitahukan bahwa Pihak UJ dan LI telah hadir di Polsek Curug dan siap melakukan mediasi dan pihak pelapor bersedia datang ke Polsek Curug untuk bermediasi.

– Pada hari Jumat tanggal 16 November 2018 Sekira jam 02.00 WIB, pihak pelapor datang ke Polsek Curug dan langsung dilakukan mediasi antara DA (perwakilan pelapor) dengan WU (perwakilan UJ) dan Sdr. EF (kakak ipar LI)

– Sekira jam 05.00 WIB, mediasi tidak menemui titik temu (deadlock) dan para pihak langsung pulang ke rumah masing-masing, namun ada kesepakatan bahwa siang harinya akan bertemu kembali. Namun UJ dan LI tetap di Polsek Curug karena siang hari akan dilakukan kembali mediasi.

– Sekira jam 09.30 WIB, Kapolsek Curug menerima pesan berantai via whatsapp yang isinya: “Buat teman2 wartawan, saya harapkan kehadirannya di Polsek CURUG Tangerang, hari ini, jum’at, 16 November 2018 pukul 16.00 wib, terkait Pecandu Narkoba Jual Istrinya Seharga 150jt Dengan Alibi Perselingkuhan. Atas perhatiannya kami harapkan kehadiran teman teman wartawan. Opan Setnas FPII”

– Sekira jam 13.00 WIB, Polsek Curug meminta kepada UJ dan LI untuk menghubungi keluarganya masing-masing dikarenakan belum ada yang datang dan meminta keluarga untuk menjemput UJ dan LI yang masih berada di Polsek Curug.

– Sekira jam 19.00 WIB, datang ke Polsek Curug seorang laki-laki mengaku bernama JALINTAR SIMBOLON SH, mendapat kuasa dari AMAL SULAEMAN dan langsung meminta agar UJ yang sudah DIJEMPUT, DITANGKAP dan DITAHAN oleh Polsek Curug agar dikembalikan saat ini juga, karena kewenangan polisi MENAHAN/MENANGKAP/MEMERIKSA seseorang 1×24 jam sudah berakhir.

– Atas kata-kata DIJEMPUT, DITANGKAP dan DITAHAN yang diucapkan oleh JALINTAR SIMBOLON SH tersebut, Polsek Curug meminta JALINTAR SIMBOLON SH untuk mengkoreksi penggunaan kata tersebut dan menarik kembali kata-kata tersebut karena Polsek Curug TIDAK PERNAH melakukan upaya seperti MENJEMPUT, MENANGKAP dan MENAHAN UJ.

– Adapun saat itu, klarifikasi yang disampaikan oleh Polsek Curug terkait upaya tersebut TIDAK PERNAH ADA. Dan yang sebenarnya terjadi adalah UJ datang ke Polsek Curug diantar oleh beberapa orang yang mengaku sebagai keluarga UJ diantaranya mengaku bernama WU (mengaku bibi UJ) dan JU (mengaku paman dari UJ). Namun penjelasan tersebut TIDAK DIBENARKAN oleh JALINTAR SIMBOLON SH, bahwa orang yang mengaku bernama WU dan JU bukan keluarga dari UJ

– Atas pernyataan tersebut, Polsek Curug meminta kepada JALINTAR SIMBOLON SH agar dapat membuktikan tentang hubungan AMAL SULAEMAN selaku pemberi kuasa dengan UJ.

– Sampai jam 23.00 WIB, bukti autentik yang menyatakan bahwa AMAL SULAEMAN adalah akak kandung dari UJ belum dapat ditunjukkan oleh AMAL SULAEMAN maupun oleh kuasa hukumnya JALINTAR SIMBOLON, SH kepada Polsek Curug.

– Sekira jam 23.10 WIB, Pihak Polsek Curug mempertemukan AMAL SULAEMAN yang didampingi oleh kuasa hukumnya yaitu JALINTAR SIMBOLON SH dengan UJ.

– Pada saat dipertemukan UJ menyatakan keterangan dihadapan Sdr. AMAL SULAEMAN dan JALINTAR SIMBOLON SH bahwa datang ke Polsek Curug diantar oleh beberapa orang, diantaranya yaitu WU dan JU, dan tidak ada upaya dari Polsek Curug untuk melakukan PENJEMPUTAN, PENANGKAPAN dan PENAHANAN terhadap UJ.

– Untuk supaya lebih jelas tentang keberadaan UJ di Polsek Curug, selanjutnya penyidik meminta kepada AMAL SULAEMAN dan JALINTAR SIMBOLON SH agar dapat menghadirkan WU dan JU namun setelah AMAL SULAEMAN menghubungi WU dan JU tetap tidak datang dan tidak dapat hadir dengan alasan SAKIT.

– Setelah mendapat penjelasan dari UJ didapat kesimpulan bahwa telah terjadi miskomunikasi antara perwakilan yang mengantar UJ dan AMAL SULAEMAN.

– Sekira jam 01.30 WIB, diserahkan UJ kepada AMAL SULAEMAN setelah dapat ditunjukkan bukti autentik berupa foto Kartu Keluarga di handphone AMAL SULAEMAN yang menyatakan bahwa AMAL SULAEMAN adalah kakak kandung dari UJ.

III. KESIMPULAN

– TIDAK BENAR bahwa Polsek Curug melecehkan profesi advokat dan wartawan.

– TIDAK BENAR bahwa wartawan turut hadir di dalam Polsek Curug bersama dengan JALINTAR SIMBOLON SH pada saat dipertemukan dengan UJ.

– TIDAK BENAR bahwa Polsek Curug telah melakukan upaya paksa berupa PENJEMPUTAN, PENANGKAPAN dan PENAHANAN terhadap UJ

IV. PENUTUP

Demikian Press Release ini dibuat untuk mengklarifikasi pemberitaan sepihak dari Media Online BBsNews.co.id, BantenLink dan kabartoday.

Ttd

HUMAS POLSEK CURUG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply