Diskusi Pemilu 2019, PWI: Demi Kondisivitas Bangsa Jangan Sebar Hoax



Sangki Wahyudin memberikan paparan tentang kondisi Pemilu 2019 yang rawan hoax di Diskusi Bulanan PWI Kabupaten Tangerang, Kamis (27/9)

TIGARAKSA | BantenLink — Masyarakat memiliki peran penting dalam pemilu. Untuk itu, semua elemen harus ikut menjaga kondusivitas bangsa dengan tidak membuat dan menyebar informasi bohong atau hoax.

Hal itu terungkap dalam diskusi bulanan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang bertajuk Peta Kerawanan Pemilu 2019 yang digelar di Tigaraksa, Kamis (27/9/2019).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin memaparkan untuk mengantisipasi kerawanan yang dapat terjadi di Pemilu 2019, pihaknya akan menginvetarisir data seperti pemilih fiktip dan berita-berita hoax yang beredar.

“Dengan terinventarisirnya sejumlah kerawanan dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Tangerang, insan pers, khususnya anggota PWI Kabupaten Tangerang dapat berperan turut meringankan kerja penyelenggara,” kata Sangki.

Ditambahkannya, insan pers harus menumbuhkan kesadaran pemilih, agar menjadi pemilih yang aktif, sehingga kualitas DPT kita benar-benar terjamin.

Selain itu, mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial. Kata dia, masyarakat harus cerdas dan cermat dalam menerima serta menyebar informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Zulbahri Bahtiar, Waka Polresta Tangerang AKBP Oki Waskito, Ketua KPU Muhamad Ali Zaenal Abidin dan Ketua Bawaslu Andi Irawan itu.

Turut menyampaikan paparan, Sekretaris Dukungan Elemen Satuan Kinerja (Desk) Pemilu 2019 Kabupaten Tangerang Ahmad Hidayat, Akademisi Memed Chumaedi dan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Tangerang Ahmad Suhud.

HMS/ED

Leave a Reply