Jual Handphone Rampasan Lewat Facebook, Warga Cisoka Digaruk Polisi



Tersangka dan barang bukti

KAB TANGERANG | BantenLink — Nekat bin konyol kelakuan Apriaji, (19), warga Solear Kab Tangerang. Pasalnya, saat pria ini datang ke warung milik Eva Exanova di kampung Ciparanje, Pesanggrahan, mulanya hanya membeli kopi, namun entah setan apa yang mengajaknya merampas HP yang sedang dipegang tukang kopi itu.

Kapolsek Cisoka, Polresta Tangerang, AKP Uka Subakti, menyebutkan, tentu saja Eva mempertahankan handphone miliknya yang ditarik Apriaji. Tapi, apa daya tangan perempuan ini malah mendapatkan pukulan. Apriadi pun akhirnya berhasil merampas dan melarikan handphone milik korbannya.

“Setelah membawa lari handphone milik Eva Exanova, Apriaji melalui Facebook malah menawarkan menjual handphone mirip milik warga Kampung Ciparanje RT 001/002 Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang ini dengan iming-iming dijual dengan harga murah, ” ungkap Kapolsek Cisoka, Senin (24/9/2018).

Disebutkannya, perampasan handphone milik Eva oleh Apriaji pada Sabtu 22 September 2018 sekira jam 22.00 WIB, akhirnya berhasil diungkap tim Unit Reskrim Polsek Cisoka di bawah pimpinan IPTU Sitta M Sagala setelah korban melapor dengan LP/27/IX/2018/Sek Csk Tanggal 22 September 2018.

“Kasusnya, pencurian dengan kekerasan sebuah handphone merek XIAOMI 5c yang berharga senilai Rp 3 Juta. Setelah mendapatkan laporan korban, anggota kami langsung memancing pelaku dengan menggunakan akun Facebook palsu. Caranya dengan berpura-pura akan membeli HP yang diiklankan dijual pelaku. Lalu, pada Minggu, 23 September 2018, pelaku mengajak COD (Cash on Delivery) di daerah Cikande Asem Serang,” beber Kapolsek Uka Subakti.

Setelah korban dan saksi ikut datang ke tempat yang telah disepakati sekira jam 17.00 WIB Apriadi datang ke tempat pertemuan, dengan menggunakan sepeda motor merek Yamaha VINO bernomor polisi A 6175 EA.

“Anggota jami langsung menghampiri Apriadi dan melakukan pengecekan terhadap HP yang akan dijualnya tersebut. Setelah mengecek IMEI dan memastikan handphone tersebut benar milik Eva, akhirnya pelaku ditangkap dan dibawa ke Polsek Cisoka untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambah Kapolsek Cisoka lagi.

Atas perbuatannya, lanjut Uka Subakti,
pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHPidana.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Apriaji melakukan aksinya bersama seorang temannya bernama Wahyu yang hingga saat ini masih dalam Pencarian (DPO).

“Barang bukti kami sita dari tersangka, yakni sebuah HP merk XIAOMI 5c warna putih dan barang lainnya. Tersangka kami giring ke Polsek Cisoka untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjutnya,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Leave a Reply