Paradigma Baru, KADIN Kabupaten Tangerang Libatkan UMKM



Ir H Edi Sunardi

TANGERANG | BantenLink — Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tangerang dengan dengan tagline paradigma baru, melakukan perluasan bidang usaha dengan melibatkan keikutsertaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasalnya, sebagai sebuah organisasi perusahaan yang bukan produk, KADIN dengan paradigma barunya itu akan menitikberatkan pada usaha kreatif yang mempekerjakan banyak orang. Diharapkan hal ini akan memberi warna baru untuk menolong perekonomian nasional yang merosot pada umumnya dan Kabupaten Tangerang, khususnya.

Hal ini dikemukakan Ketua KADIN Kabupaten Tangerang, Ir H Edi Sunardi, pada bantenlink.com seusai pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan pengurus periode 2018-2023, yang dihadiri para pengusaha, diadakan di Padang Golf dan Club Gading Serpong, Tangerang, Selasa (12/9/2018).

Dikatakannya, pada kegiatan bertema pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif UMKM dalam meningkatkan pembangunan daerah, dengan paradigma baru KADIN tersebut diharapkan akan menciptakan lapangan kerja yang dapat mengangkat perekonomian yang sedang terpuruk saat ini.

“Kadin Kabupaten Tangerang akan menciptakan lapangan kerja yang sedang masyarakat saat ini,” ungkap Wakil Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Banten sekaligus Ketua Astatindo yang bergerak di bidang pelatihan, sertifikasi dan sertifikasi perusahaan itu.

Lebih lanjut katanya, KADIN Kabupaten Tangerang, selain beranggotakan 100 pengusaha juga akan dikuatkan 100 UMKM. Sedangkan pengusahanya selain pihak swasta ada juga yang berstatus anggota DPRD. Diharapkan dengan komposisi kondisi kepengurusan tersebut akan lebih kuat dan bisa berjalan bersama serta memajukan organisasi.

Terlebih, Kadin dengan paradigma baru bukan hanya bergerak di bidang perdagangan dan perindustrian tapi juga akan menjadi titik berangkat dengan fokus pada pertumbuhan UMKM yang dpasikan akan mengangkat perekonomian nasional dan daerah.

“Jadi 100 pengusaha termasuk 100 unit UMKM diharapkan berjalan bersama dan terus bersinergi untuk memperkuat KADIN. Bukan hanya berbicara terkait APBD Pemerintah Kabupatan Tangerang, tapi bergerak mengangkat ekonomi kerakyatan,” tambahnya.

Dicontohkannya, dia sendiri selaku pemilik perusahaan bergerak di bidang jasa konstruksi, melihat besarnya prospek UMKM seperti usaha rumah tangga yang membikin sepatu, konpeksi dan lain-lain peningkatan perekonomian.

“Untuk itulah, jika ada UMKM yang perizinannya belum lengkap perizinannya dan susah pemasarannya akan kita bantu. Termasuk dalam soal permodalan mudaha-mudahan akan mendapatkan solusi dengan mulainya kami menggandeng Bank Banten,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply