Ormas se-Binong Bantu Polisi Amankan Pawai Adat Peringatan HUT RI ke-73



Rapat pengamanan HUT RI ke-73 Kelurahan Binong, Rabu (15/8/2018)

KAB TANGERANG | BantenLink — Persiapan perayaan peringatan 17 Agustus 1945 Kelurahan Binong, Curug, Kabupaten Tangerang akan diadakan pada 19 Agustus 2018 dengan menggelar pawai yang diikuti 38 peserta dari seluruh RW dan sekolah di wilayah setempat dalam karnaval berpakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia.

Hadir dalam rapat yang diadakan di Pos Terpadu Binong itu Wakapolsek Curug Suwarno SH, Kanit Binmas Polsek Curug IPTU Ketut Darnika, Kapospol Taman Ubud Suwanda,Ketua Citra Bhayangkara Curug Hibar M Soleh, Bhabinkamtibmas Robi, Babinsa Sunari, BPPKB, Senkom, Bakor dan Pemuda Panca Marga Irawan.

Wakapolsek Suwarno SH memastikan pawai perayaan 17 Agustus 1945 pada 19 Agustus 2018 sudah deal tinggal ploting. Semua elemen yang hadir pada rapat bertujuan agar perayaan tertib aman lancar dan sukses.

Ketua atau yang dituakan agar bisa mengendalikan anggotanya. Mengatur agar jangan menunjukkan egoisme. Semua bertugas agar pengamanan berjalan sukses. Mudahan-mudahan kegiatan menjadi contoh buat kelurahan yang lain didasari motto Binong Bersatu untuk Tangerang Gemilang.

Kanit Binmas Ketut Darmika dalam pengarahannya meminta semua pihak kompak sehingga menimbulkan rasa bangga. Dimintanya, dalam memehara ketetiban harus kompak, agar terwujud keamana dan ketertiban yang menjadi kebutuhan bersama, dari yang baru lahir hingga hingga yang sudah tua. Terciptanya keamanan dalam pelasanaan pawai bukan hanya dari polisi dan TNI saja, untuk itu diperlukan data jumlah rekan-rekan PP, PPM untuk membuatkan ploting.

Dipesankannya, meskipun nanti kondisi jalan raya Binong pasti macet tapi jangan terlalu panjang, karena jalan tersebut merupakan urat nadi lalu lintas yang bila macet bisa sampai hingga jalan STPI. Di Hotel Yasmin juga ada acara. Jika tetap macet, masukkan sementara kenderaan ke jalan perumahan. Yang penting dari arah Lippo jalan lancar. Kalau sudah padat pembuangannnya boleh ke jalan Pramita, di bawah ada yang menjaga.

Termasuk, tanggal 18 Agustus merupakan pembukaan Asian Games, Kabupaten Tangerang tempat pertandingan atlit berkuda yang pesertanya menginap di hotel Aryaduta dan hotel di Citra Raya. Untuk itu upayakan agar kegiatan pawai jangan berimbas pada kemacetan kemana mana.

Polres Tangerang Selatan dan Polresta Tangerang Kabupaten akan banyak terjun mengawal atlit. Diminta kerjasamanya, yang penting tetap menghargai pemakainan jalan yang lain. Mari lepaskan pakaian, satukan visi dan misi untuk keamanan dan ketertiban, menjaga nama naik negara ke depan. Sebab atlit yang datang bukan hanya untuk beranding, tapi juga melihat objek wiulsata atau melihat pemandangan indah yang ada di kabupaten Tangerang. Singsingkan lengan, kencangkan ikat pinggang untuk menciptakan kondusifitas selama Asian Games. Jadi tidak ada ribut-ribut antarpemuda dan lingkungan.

Upayakan tidak ada yang emosi dan tetap bersabar karena tujuan kita adalah merayakan HUT RI. Kalau kompak perayaan 17 Agustus 1945 di Binong akan bisa berjalan aman dan lancar. Pisahkan dulu kotak kotak kita. Asian Games kebanggaan kita, atlit akan lewat jalan tol, tapi kalau jalan lancar, atlit tidak lewat jalan tol. Diajaknya bersama-sama menjaga keamanan Binong dengan bersatu untuk menuju Tangerang Gemilang.

RW Sugiarto selaku moderator mengemukakan, tujuannya ibadah, panitia dalam waktu singkat menggalang anggaran, namun yang didapat tidak maksimal. Tapi tetap semangat menyukseskan even HUT RI dan mengingat jasa perjuangan pahlawan terdahulu dan mengiai kemerdekaan serta motto Binong Bersatu menuju Tangerang Gemilang.

Kanit Binmas dan pihak panitia sudah menyepakati rute dan rekayasa lalulintas saat pelaksanaan pawai. Sebanyak 15 titik dijaga 150 anggota dari petugas keamanan dan unsur masyarakat tanpa melihat kelompok. Dilakukan penutupan sebagian jalan raya Binong. Pengalihan lalu lintas dilakukan yakni yang datang dari arah Sukabakti menuju Lippo diarahkan ke jalan Peusar.

Sudar Sujono selaku kordonator atau ketua panitia pawai mengatakan kegiatan pada hari Ahad 19 Agustus 2018 untuk menyukseskan peringatan HUT RI menyatukan beberapa organisasi yang ada di Kelurahan Binong dengan bingkai semangat kebangsaan saling mengenal indahnya kebersamaan solid dan ikhlas untuk kemaslahatan umat. Menyukseskan hut Ri. Panitia hit ri bersatu untuk menyukseskan acara pada hari ahad.

Ketua Citra Bhayangkara Curug, Hibar M Soleh dalam sambutannya mengapresiasi banya organisasi kemasyarakatan yang terlibat dalam pengamanan perayaan peringatan hari kemerdekaan. Dirinya bersyukur dapat bersilaturahim, salut atas kekompakan dan berharap kesuksesan bisa menjadi pilot project untuk contoh kelurahan lain.

Untuk mencapai kesuksesan harus bisa bersatu. Dengan ada dukungan akan menciptakan kekompakan dan bisa berjalan. Di lapangan bekerja harus sesuai tupoksi dan alur tugas. Jangan ada benturan tapi ciptakan kebersamaan dan kekompakan untuk meraih sukses bersama.

Bhabinkamtibmas Binong, Robi, mengatakan tim keamanan akan mem-back up panitia dari pos pengamanan 1 hingga 15. BPPKB sebanyak 10 orang, PP 10 orang, Senkom 10 orang, Bakor 10 orang, PPM 24 orang. Pada hari Minggu 19 Agustus jam 06.00 sudah berkumpul di depan Perumahan Binong Permai. Dari sinilah mulai menciptakan persatuan dan kesatuan untuk keamanan bersama.

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply